TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang menargetkan jumlah wisman yang mengunjungi Festival Pulau Penyengat (FPP) sekitar 1.200 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Tanjungpinang Reni Yusneli, di Pulau Penyengat, Selasa, mengatakan, FPP salah satu kegiatan kepariwisataan andalan, yang diharapkan dapat memberi kontribusi yang cukup besar terhadap jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri tahun 2018.

“Kegiatan kepariwisataan ini dilaksanakan secara keroyokan. Dispar dan Kemenpar mendukung kegiatan ini,” katanya.

Reni merasa optimistis target wisman mengunjungi FPP yang diselenggarakan di Pulau Penyengat pada 14-18 Februari tercapai, mengingat kondisi geografis Tanjungpinang yang bertetangga dengan Singapura dan Malaysia.

“Hubungan pertalian sejarah antara Tanjungpinang, Malaysia dan Singapura untuk sebagai alasan wisman mengunjungi FPP,” ucapnya.

Ia mengatakan FPP yang dilaksanakan rutin sejak 2016,  diharapkan  dapat mengenang kembali  historis pulau yang mungil itu sebagai  pulau bersejarah yang pada masa dulu pernah menjadi  pusat Kerajaan Melayu dengan segala kekuatannya melawan penjajah Belanda  yang ingin menguasai  Indonesia.

FPP merupakan upaya  untuk menjaga, melestarikan  dan mengembangkan kebudayaan melayu  yang menjadi identitas  masyarakat  melayu di Kepri.

“Mulai tahun 2018  pelaksanaan festival ini disejalankan dengan  Hari Jadi  Pulau Penyengat yang sudah disepakati antara  zuriat (keturunan) raja-raja Kerajaan Melayu Riau – Lingga  yang  bermukim di Pulau Penyengat  bersama  Pemerintah  Kota Tanjungpinang,” katanya.

Penulis: red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here