TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Ikatan Alumni SMA 1 (Ikasmansa) Tanjungpinang gandeng siswa/siswi SMA 1 Negeri Tanjungpinang untuk melaksanakan donor darah, bertempat di ruang SMA 1 Tanjungpinang, pada Rabu (21/02/2018).

Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan oleh Ikasmansa Tanjungpinang sebagai bentuk kepedulian antar sesama serta memenuhi kebutuhan permintaan darah.

Kegiatan yang ditaja Ikasmansa di SMA 1 Tanjungpinang ini mendapat 61 kantong dari 50 orang pendonor. Sebelum mendonor, siswa dan para alumni dicek kesehatannya masing-masing.

“Alhamdulillah disamping melibatkan  alumni SMA 1 kami juga melibatkan anak -anak siswa siswa SMA 1 Tanjungpinang yang berumur di atas 17 tahun,” kata Ing Iskandarsyah, selaku Pembina di Ikasmansa Tanjungpinang.

Pria yang memiliki jiwa sosial ini mengatakan, kebutuhan darah sangat meningkat sehingga ketersediaan stok darah sangat diperlukan. Salah satu cara untuk dapat memenuhi kebutuhan permintaan darah, pihaknya menggelar bakti sosial Donor darah di SMA 1 Tanjungpinang yang melibatkan siswa siswi SMA 1.

“Di Tanjungpinang masih banyak kekurangan stok darah, Ikasmansa berkomitmen secara rutin melaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan terus bisa melaksanakannya, sehingga orang atau masyarakat nanti terbiasa mendonorkan darah setiap tiga bulan,” ucapnya.

Iskandarsyah mengakui, bahwa adanya tidak keseimbangan antara orang yang mendonor dengan yang membutuhkan darah. Untuk itu, pihaknya dari Ikasmansa Tanjungpinang terus mengupayakan darah untuk keperluan antar sesama di Tanjungpinang.

“Apalagi orang yang kecelakaan memerlukan  darah danga seperti penyakit gagal ginjal sangat membutuhkan darah, dan kita harap kita dapat sama-sama meningkatkan stok darah,” katanya.

Sementara, Fikriansyah, Kelas 11 mipa 1 SMA 1 Negeri Tanjungpinang yang diminta pendapatnya mengatakan, siswa/siswi SMA 1 Tanjungpinang menyambut baik kegiatan dari alumni Ikasmansa, dirinya juga aktif di PMR (Palang Merah Remaja).

“Ini baru pertama kali dan kegiatan kemanusian yang kita bisa membantu orang lain,” tungkasnya.

Penulis: Ak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here