BINTAN, SIJORITODAY.com – – Usai mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 dengan Kategori Wiwerda (Pembinaan), Ketua Umum Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Maryanti, A.Md mengatakan, untuk di tahun 2019 nanti dirinya kembali menargetkan untuk mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional dengan Kategori Wistara (pengembangan) bagi Kabupaten Bintan.

” Tahun 2017, melalui kerjasama antara Forum Kabupaten Sehat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan , kita berhasil mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Wiwerda . Tahun 2019 nanti, kita menargetkan akan kembali meraih penghargaan serupa namun dengan tingkatan kategori yang lebih tinggi ” ujarnya, saat dihubungi Jum’at (2/3) pagi.

Dirinya juga berharap agar pemerintah daerah serta masyarakat, dapat secara proaktif melakukan langkah-langkah terkini dimana untuk mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Wiwerda maka sedikitnya 5 hingga 9 tatanan yang harus dipenuhi diantaranya ; kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum sehat , kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi , kawasan pertambangan sehat , kawasan hutan sehat , kawasan industri dan perkantoran sehat , kawasan pariwisata sehat , kawasan pangan dan gizi , kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

“5-9 tatanan harus dipenuhi guna mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Wistara,” ucapnya.

Selain itu, dirinya berharap agar Forum Kabupaten Sehat Tingkat Kecamatan melalui Pokja di Desa/Kelurahan dapat secara aktif menggerakkan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Mungkin sedikitnya ada sekitar 14 kelurahan dan 29 desa yang akan kita libatkan , melalui kegiatan-kegiatan di Pokja Desa/Kelurahan Sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengapresiasi langkah-langkah yang ingin dicapai oleh Forum Kabupaten Sehat. Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu sinergisitas yang harus dibangun secara bersama-sama guna mencapai tujuan yang diinginkan.

“Kegiatan-kegiatan di tingkat desa/kelurahan dengan melibatkan masyarakat banyak tentang arti pentingnya kehidupan yang sehat tentunya akan kita dukung,” tutupnya.

Penulis: hum/red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here