LINGGA, SIJORITODAY.com – – Kabupaten Lingga akan melakukan pemekaran Kecamatan Senayang menjadi tiga kecamatan baru. Yaitu menjadi Kecamatan Bakung Serumpun, Kecamatan Temiang Pesisir dan Kecamatan Katang Bidare. Audiensi pemekaran kecamatan tersebut digelar di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (7/3) lalu.

Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat didaerah telah mengeluarkan rekomendasi, terkait pemekaran tiga kecamatan baru tersebut. Telah dilakukan pula kajian teknis oleh Biro Pemerintahan dan Perbatasan tahapan berikutnya penyusunan ranperda dan telah disetujui oleh DPRD  untuk ditetapkan menjadi Perda.

Kabupaten Lingga terbentuk pada 2003 lalu dan efektif pada 2004. Awalnya terdiri dari lima kecamatan dan kini telah berdiri dengan sepuluh kecamatan. Lingga terdiri dari 614 pulau, dengan gugusan pulau terbanyak berada di kecamatan Senayang.

“Diharapkan dengan pemekaran ini dapat meningkatkan keamanan di sekitar Senayang. Pasalnya jika terbentuk tiga kecamatan baru, akan berdiri pula Polsek,” ujar Rusli, Spd, M.Pd, Asisten I pada Pemerintah Kabupaten Lingga. (H/r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here