TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Guna mengatasi keresahan permasalahan di masyarakat yang baru baru ini di hebohkan dengan beredarnya ikan kaleng sarden yang terindikasi mengandung parasit cacing, rombongan Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang di dampingi Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar Bintan Centre Km.9, Jumat (23/3/2018).

Saat melakukan sidak di beberapa otlet tokoh di pasar Bintan Center, Anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang, Petrus M Sitohang mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah laporan dari masyarakat bahwa di Tanjungpinang peredaran ikan kaleng yang mengandung cacing parasit cukup marak.

Menyikapi hal tersebut, guna melakukan pengawasan, Komisi I langsung menyisir pasar-pasar untuk mengecek langsung apakah produk yang terindikasi tersebut sudah di tarik peredarannya.

Ia katakan, saat ini ada tiga Sarden Merk Luar yang terindikasi mengandung cacing parasit, yaitu FARMERJACK, IO dan HOKI.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, dari hasil sidak tersebut tidak ada lagi ditemukan tiga merk jenis ikan kaleng (sarden) karena BPOM telah menarik peredarannya.

Sidak tersebut bukan hanya untuk ketiga jenis merk di atas, sejumlah merk ikan kaleng lainnya di lakukan pengamatan ataupun try dengan membuka sejumlah kaleng isi ikan.

Saat kemasan sarden di buka, tidak ditemukan, bahkan merk kemasan sudah terdata di swalayan.

Meski demikian, pemantauan dari Dinkes dan Balai POM, disetiap swalayan outlet penjualan di wilayah Kota Tanjungpinang terus digalakkan.

Bagi pihak swalayan yang sudah mengetahui adanya kemasan ikan kaleng yang bermasalah, segera untuk tidak di pajangkan lagi, dan harus dikembalikan pada distributornya.

“Dengan begitu, Masyarakat tidak perlu khawatir dan resah, kita menghimbau kepada masyarakat jika masih ada yang menemukan makanan ikan kaleng (sarden) tersebut agar segera melaporkan ke Dinas Kesehatan,” kata Rustam.

Sedangkan, Anggota Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang lainnya, Maskur Tilawahyu meminta kepada masyarakat agar segera melaporkan jika ditemukan makanan yang tak layak jual.

“Masyarakat mohon sampaikan ke kami ya jika menemukan makanan tak layak jual. Terima kasih Dinkes Tanjungpinang yang cepat menyikapi dengan turun ke pedagang,” ucapnya.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here