Calon Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul (Atas) dan Calon Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah (Bawah). Foto: Medsos

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Janji politik mungkin sudah biasa kita dengar, apalagi pada Pemilihan Kepala Daerah. Namun apakah masyarakat Tanjungpinang cerdas akan janji-janji politik masing-masing pasangan calon ?

Pengamat Politik di Tanjungpinang, Endri Sanopaka menyebutkan, masyarakat Tanjungpinang sudah sangat cerdas akan janji-janji politik dari masing-masing pasangan calon, tentunya janji-janji tersebut harus disesuaikan dengan kewenangan yang dimiliki oleh Walikota terpilih nantinya.

“Jadi tidak bisa serta merta masyarakat menerima begitu saja janji-janji politik yang disampaikan dalam kampanye. Apalagi kalau janji itu tidak sesuai dengan Visi Misi yang sudah di sosialisasikan oleh masing-masing pasangan calon,” ujarnya, Senin (02/04).

Janji yang pasti, kata Endri adalah masing-masing calon akan menjadi pelayan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang, bukan setakat memilih pemimpin saja.

Jika hanya memilih pemimpin, bisa-bisa malah rakyat yang melayani pemimpin.

“Saat ini eranya sudah berubah, pemimpin itu adalah pelayan. Maka masyarakat dapat menilai mana calon pemimpin yang bisa menjadi pelayan bagi masyarakat Tanjungpinang untuk periode mendatang,” tungkas Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang itu.

Sementara itu, Pengamat Politik lainnya Zamzami A Karim mengatakan, janji harus diungkapkan karena itu menunjukkan komitmen dan ujian integritas para calon.

Dengan janji tersebut, masing-masing calon memasang niat dan tekad untuk mewujudkannya dengan kerja keras, sejauh janji-janji tersebut realistis dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Realistis artinya janji-janji tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan,” cetusnya.

Manurutnya, jika calon tak berani berjanji, maka bisa diartikan dia tidak berani berbuat dan membiarkan rakyat pilih “kucing dalam karung”.

“Warga pemilih harusnya disediakan pilihan-pilihan yang rasional alias masuk akal, dan diberikan harapan-harapan yang akan diwujudkan melalui pemimpin yang mereka pilih,” katanya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here