LINGGA, SIJORITODAY.com – – Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Lingga menargetkan pembangunan sentral Industri Kecil Menengah (IKM) Kelapa, di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, telah selesai 80 persen, sebelum kedatangan Presiden Jokowi pada Hari Kelapa Sedunia, yang disejalankan dengan konfrensi tingkat tinggi kelapa sedunia di Kabupaten Lingga, yang dijadwalkan pada awal September mendatang.

“Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 20-25 persen, dan kita sudah meminta kepada pekerja untuk dapat memaksimalkan lagi pengerjaannya namun tetap mengedepankan kualitas,” kata Kepala Bidang Perindustrian dan IKM Dinas perindustrian, koperasi, tenaga kerja dan UKM Muhammad Rahmayadi, Jumat (3/08/2018).

Pembangunan sentral IKM Kelapa ini merupakan program lanjutan, setelah tahun sebelumnya juga telah selesai dibangun beberapa bangunan utama, seperti gudang administrasi sentra pengolahan kelapa dan gudang produksi sabut kelapa dengan nilai proyek 4 milyar lebih, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus.

Kemudian pada tahun ini atas keberhasilan dan kegigihan dari tim perindustrian Kabupaten Lingga pada tahun sebelumnya, membuat Kementerian Perindustrian kembali mengucurkan anggaran senilai sembilan milyar lebih untuk pembangunan beberapa bangunan antara lain produksi minyak goreng, bangunan produksi dan pengolahan natadecoco, bangunan lantai jemur cocopeat, lantai jemur cocofiber sabut, tempat penyimbangan dan pengolahan bahan baku sabut, bangunan produksi dan pengolan briket arang, serta bangunan pengolahan kopra.

“Kita tidak ingin mengecewakan pemerintah pusat, pembangunan ini akan kita gesa dengan hasil yang sama pada tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kedua proyek ini juga merupakan pendampingan dari Tim pengawal dan pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Lingga, sehingga pengelolaan proyek ini dilakukan sangat hati-hati untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Bupati Lingga Alias Wello saat dihubungi mengatakan, kerja keras dari tim perindustian Kabupatan Lingga ini, menjadi bukti bahwa Kabupaten Lingga tidak main-main dengan wacana menjadikan Kabupaten Lingga sebagai centra perkebunan kelapa di Provinsi Kepulauan Riau. Apalagi dalam waktu dekat Kabupaten Lingga akan menjadi tuan rumah, pelaksanaan KTT Kelapa sedunia yang akan dihadiri ratusan kepala daerah penghasil kelapa di Indonesia.

“Nanti juga akan ada banyak investor asing yang datang, sehingga ini akan menjadi terobosan yang sangat luar biasa untuk Lingga kedepannya,” ungkap Alias Wello.

Pelaksanaan pembanguan sentra IKM Kelapa ini terus dipantau oleh Bupati Lingga, untuk memastikan pembangunan tersebut benar-benar berjalan sesuai harapan sehingga nantinya memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan Kabupaten Lingga. Selain menggesa pembangunan tersebut Bupati Lingga juga sangat serius untuk mempersiapkan pelaksanaan Hari Kelapa Sedunia yang disejalankan dengan KTT Kelapa di Kabupaten Lingga.

Penulis: Jon Cosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here