TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang melepas 127 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Luar Negeri (KKN LN) ke Malaysia dan Thailand pada Semester Genap Tahun 2018.

Peserta KKLN tersebut diantaranya terdiri dari 48 Peserta Program studi Administrasi Publik (IAP), 30 Orang Mahasiswa dari Program Studi Sosiologi, dan 49 Orang Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) dan didampingi oleh 10 orang Dosen STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang.

Beberapa lawatan kegiatan mahasiswa selama melaksanakan KKLN di Malaysia dan Thailand yaitu mengunjungi beberapa Negeri diantaranya Malaka, kedah mengunjungi Universiti Utara Malaysia (UUM), Hatyai, Songklha melakukan lawatan ke konsulat jendral RI, Kuala terengganu lawatan ke Universitas Sultan Zainal Abidin (unisza), dan yg terakhir adalah Kuala lumpur.

Ketua STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka, S. Sos., MPM menyampaikan, kuliah Kerja Luar Negeri STISIPOL Raja Haji pada tahun 2018 ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa/i peserta terhadap perubahan perubahan yang terjadi secara global.

Perjalanan KKLN juga mempersiapkan mental mahasiswa agar dapat lebih terbuka dengan pergaulan secara internasional, meskipun perjalanan ini masih terbatas di semenanjung Malaysia dan Thailand Selatan, akan tetapi bagi yang melakukan perjalanan keluar negeri untuk pertama kali, ini akan menjadi momentum bagi membangun kepercayaan diri, bahwa pengetahuan tidak semestinya hanya diperoleh didalam negeri tapi juga melintasi batas- batas antar negara.

“Saya yakin kelak mahasiswa STISIPOL Raja Haji akan mampu bersaing di kawasan regional sebagaimana visi dan misi STISIPOL Raja Haji sebagai pusat kecemerlangan ilmu sosial dikawasan regional,” katanya.

Lebih lanjut Endri mengatakan, tujuan dari Kuliah Luar Negeri ini adalah untuk Observasi lapangan , mahasiswa dapat membandingkan antara konsep selama di Bangku perkuliahan dan prakteknya dilapangan.

“Mahasiswa selama berada di Negara Tetangga Malaysia dan Thailand diharapkan tetap menjaga etika sosial ,menjaga Pasport serta mengedepankan keselamatan diri dan barang bawaan, ” pesan Endri.

Sementara itu, Ketua Panitia KKLN Tahun 2018, Ferizone. S. Sos. MPM menyampaikan, tahun 2018 Mekanisme pembuatan laporan mahasiswa tidak berdasarkan paper base lagi seperti tahun-baru sebelumnya, melainkan menggunakan media teknologi informasi berbasis media sosial seperti Youtube.

“Jadi dalam membuat laporan mahasiswa harus membuat video yang berisi liputan hasil pengamatan,” ujarnya.

Seperti, mahasiswa prodi Administrasi Publik melakukan pengamatan pelayanan publik dalam bidang transportasi di kuala lumpur di Malaysia dan juga melakukan pengamatatan pelayanan transportasi di kota Hatyai di Thiland bagian selatan.

Dari pengamatan tersebut dapat dipetik pelajaran yang baik yang dapat menjadi modal pengetahuan bagi Mahasiswa.

Kegiatan KKLN Mahasiswa STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang ini dilaksanakan kurang lebih selama satu minggu yang dimulai dari tgl 4 sampai dengan 10 Agustus 2018.

“Semoga ilmu yang di dapat di Bangku perkuliahan selama ini bermanfaat dan dapat di implementasikan dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Luar Negeri (KKLN) di Malaysia dan Thailand,” ujar Ferizone.

Penulis: (Rahmatullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here