Penyuluhan Bahaya Narkoba tampak serius masyarakat mendengarkan.

BINTAN, – Menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI merupakan tugas dan tanggung jawab semua elemen bangsa Indonesia, termasuk juga TNI/Polri, Pemerintah dan masyarakat.

Upaya menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa, bukan hanya menjaga negeri ini dari serangan militer semata. Tetapi memperkuat kesadaran masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan pengetahuan akan ancaman yang dapat merongrong degradasi moral anak bangsa merupakan upaya menjaga kedaulatan negara Indonesia.

Telah 2 minggu satgas TMMD Kodim 0315/Bintan melaksanakan tugasnya di Desa Pengudang, Kabupaten Bintan. Bukan hanya sebatas membangun infrastruktur desa berupa akses jalan dan membuat lahan penghijauan untuk pemukiman baru bagi masyarakat.

Akan tetapi, mereka juga membangun kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta menularkan berbagai pengetahuan kepada masyarakat.

Masyarakat dan TNI bekerja dilokasi pengerjaan TMMD.

Pembangunan fisik yang dilaksanakan melalui program TMMD Kodim 0315/Bintan bersama masyarakat Desa Pengudang telah memasuki tahap finishing. Beberapa program lainnya yang bersifat non fisik juga mulai direalisasikan.

Salah satu kegiatan non fisik berupa penyuluhan, baik penyuluhan dalam bidang agama, wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya narkoba maupun penyuluhan yang berorientasi pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hari itu, Sabtu, (27/10/2018) tidak banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat Desa Pengudang. Sebagian masyarakat memutuskan untuk tidak melaut, mereka menghadiri kegiatan penyuluhan TMMD 103 oleh Kodim 0315/Bintan yang dilaksanakan di Balai Desa.

Memasuki balai desa, terpampang sebuah spanduk bertuliskan KAMTIBMAS dan Bahaya Narkoba. Ruangan Balai Desa pun perlahan terisi warga masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan penyuluhan yang bertemakan Bahaya Narkoba.

TNI/Polri jadi Narasumber penyuluhan Bahaya Narkoba di Desa Pengudang.

Terlihat dua orang berada didepan, seorang dengan berpakaian seragam TNI dan yang satunya berbaju hitam yang merupakan Kasat Narkoba Polres Bintan. Mereka menjadi narasumber di penyuluhan bahaya narkoba.

Warga pengudang terlihat bertanya ke narasumber di kegiatan penyuluhan Bahaya narkoba

Dideretan kursi belakang, beberapa orang pemuda Desa Pengudang tampak serius mendengarkan apa yang disampaikan narasumber. Sesi tanya jawab juga sempat berlangsung antara masyarakat dan narasumber.

Penyuluhan- penyuluhan yang dilakukan dalam program TMMD ini, mampu menarik partisipasi masyarakat. Antusias tersebut terlihat dari partisipasi peserta yang hadir dalam kegiatan penyuluhan anti narkoba yang dilakukan.

Narkoba, merupakan musuh besar bangsa, pemerintah dan institusi Polri, TNI dan BNN telah mendengungkan perang terhadap narkoba. Untuk itulah, pemahaman bagi masyarakat di suatu pendesaan dianggap perlu dilakukan untuk menghindari narkoba.

Bahkan, Komandan Kodim 0315/Bintan beserta Kasat Narkoba Polres Bintan menginformasikan ke warga Pengudang dampak dari narkoba dan jenis-jenis narkoba untuk dihindari sedini mungkin.

Sebab, penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab polri, akan tetapi merupakan tanggungjawab semua pihak, termasuk keluarga, guru dan seluruh masyarakat.

Upaya yang lebih konkrit dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk melakukan penyuluhan narkoba dan melakukan razia secara rutin.

Namun, yang tak kalah pentingnya adalah dengan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan.

“Jauhi segala jenis narkoba, apalagi para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa,” pinta Kasat Narkoba Polres Bintan, AKP Joko Purnawanto, SH. MH saat itu.

Tingkat pendidikan masyarakat di Desa Pengudang memang terlihat masih tergolong rendah. Hal ini berdampak pada pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan banyak hal yang belum mereka pahami, termasuk dalam hal keamanan desa serta ancaman khususnya menyangkut peredaran narkoba.

Sudirman alias Acok, salah seorang pemuda di Rt 07/Rw 03, Dusun II, Desa Pengudang sangat bersyukur adanya penyuluhan di program TMMD Kodim 0315/Bintan yang dapat memberikan pemahaman dalam banyak hal khususnya di Desa Pengudang.

Apalagi soal narkoba, Sudirman merasa desanya akan banyak yang memiliki pengetahuan tentang bahayanya narkoba bagi bangsa. Dia tidak banyak berharap di penyuluhan bahaya narkoba ini, hanya dia meminta kepada masyarakat mengerti atau memahami apa itu narkoba dan harus menjauhi narkoba karena bisa merusak kehidupan.

“Terimakasih TNI atas program TMMD, TNI hebat, hebat, hebat,” ujarnya dengan nada sedikit tinggi.

Penyuluhan kali ini, paling tidak warga Pengudang mengerti jenis-jenis narkoba dan bahayanya. Hal itu berguna agar warga Pengudang dapat mawas diri terhadap peredaran barang haram tersebut yang sangat mengancam kehidupan manusia.
Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here