TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dinas Perhubungan Provinsi Kepri ternyata tidak main-main untuk mengelola pelabuhan dan ruang lautnya. Hal ini terbukti dengan dibuatnya aplikasi khusus berbasis Teknologi Informasi untuk mengelola pemanfaatan ruang laut Kepri. Aplikasi tersebut bernama PelabuhanQu.

Pengagas inovasi aplikasi PelabuhanQu itu tidak lain adalah Kepala Bidang Kepelabuhanan Dishub Kepri, Azis Kasim Djou.

Ide ini merupakan bentuk karya Proyek Perubahan pada Diklat Kepemimpinan Tingkat III yang diikutinya sejak bulan Juli lalu. Hingga pada Rabu (7/11/ 2018) dini hari laporan akhir Proyek Perubahan Laboratorium Kepemimpinan dipaparkan di hadapan Coach, Penguji serta Mentor.

Kadishub Kepri Drs. Jamhur Ismail, MM selaku mentor menyambut hasil karya anak buahnya itu, bahkan ia berharap aplikasi PelabuhanQu dapat segera di implementasikan di lapangan.

“Terobosan ini sangat aplikatif dan mendukung upaya Kepri meningkatkan PAD dari sektor Labuh Jangkar,” ungkap Jamhur.

Sekilas tentang aplikasi PelabuhanQu ini merupakan sebuah aplikasi yang mampu menghubungkan antara regulator dan pengguna jasa kepelabuhanan dan ruang laut Kepri dengan lebih cepat dan tanpa perlu ada tatap muka sehingga diharapkan dapat meminimalisir segala bentuk Pungutan Liar atau Pungli.

Diakhir paparannya, Azis dan Jamhur secara kompak menyebut bahwa Kepri siap menghadapi era industri 4.0 terutama dalam pengelolaan pelabuhan dan wilayah labuh di Kepri. (Ak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here