TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjungpinang Barat mengamankan satu orang tersangka kasus tindak pidana pencurian bernama Dian Purnomo di Jalan. Bhayangkara, Gang Tongkol IV A No. 8, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang pada tanggal 2 Januari 2019 kemarin.

Menurut keterangan Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat, Iptu Raja Vindho, kronologi kejadian berawal saat pelapor bernama Ratna Kemala Rusdi, yang merupakan mantan istri tersangka tengah keluar rumah untuk membeli makanan, tepatnya sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun, lanjut Vindho, sewaktu ingin pulang ke rumah, pelapor melihat anaknya sedang bersama tersangka. Kemudian pelapor mengurungkan niatnya untuk kembali ke rumah, sembari menunggu di masjid kawasan Jl. Suka Berenang.

Tak lama kemudian, masuk pesan Whatsapp dari teman pelapor bernama IIS, yang isinya mantan suami pelapor sudah menitipkan anaknya kepada IIS.

Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 WIB IIS kembali mengirim pesan Whatsapp, menyampaikan bahwa mantan suami pelapor telah pulang dari rumahnya. Pelapor lantas menuju kerumah IIS untuk mengambil anaknya.

Namun, sekitar pukul 18.00 WIB sewaktu pelapor pulang kerumah dan masuk ke rumah kontrakannya, pelapor melihat pintu rumah sudah tidak terkunci dan pelapor mengecek isi rumah ternyata TV LED Merek SHARP berukuran 40 inc yang berada di kamarnya sudah tidak ada lagi.

“Pelapor (Ratna) akhirnya melaporkan kehilangan itu kepada kami,” terangnya.

Setelah menerima laporan tentang dugaan tindak pidana pencurian tersebut, kata Vindho, Unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat Yang langsung mendatangi untuk melakukan Olah TKP, dan mencari informasi dari saksi-saksi di TKP.

“Pelaku berhasil kami amankan di Jalan Musi Km.18 Rt.01/ Rw.03 Kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat (4/9),” katanya.

Adapun Barang Bukti (BB) yang berhasil diamankan berupa satu buah TV LCD Merk SHARP 40 Inch, satu buah obeng kecil warna hitam, dan satu buah sepeda motor jenis supra dengan Nomor Polisi BP 2070 TB.

Vindho menambahkan, setelah dilakukan introgasi, Dian Purnomo mengaku telah mengambil TV LED Merek SHARP berukuran 40 inc milik saudari Ratna. Barang elektronik itu dijualnya kepada saudara Januardi dengan Harga Rp1.800.000. Uang hasil jualana digunakan tersangka untuk membayar utang dan bermain judi online.

“Modus operandinya, pelaku pura-pura mengantar anaknya ke rumah korban, saat melihat rumah kosong, ia langsung beraksi,” terangnya.

Akibat perbuatannya, tersangka Dian Purnomo Pasal dikenakan pasal 362 K.U.H.Pidana, Dengan Ancaman Kurungan 5 (Lima) Tahun Penjara. (Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here