Foto : ist

BATAM , SIJORI TODAY .com- – Dalam Pemilu yang akan diselenggarakan pada Bulan April mendatang , untuk memastikan hak pilih suara bagi warga Lapas dan Rutan.

Komisi Pemilihan Umum dan Direktur Jenderal Permasyarakat sepakat akan menyediakan Tempat Pemungutan suara atau TPS  diseluruh Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

Hal ini langsung dikatakan Dirjend Permasyarakat Sri Puguh Budi Utami , menurutnya seluruh Lapas dan Rutan akan disediakan TPS  untuk memfasilitasi terpenuhinya hak pilih tahanan dan narapidana.

” dengan disediakannya TPS di setiap Rutan dan Lapas yang ada di seluruh Indonesia , jelas memastikan hak pilih suara bagi para narapidana ” , kata Sri Pugu Utami pada Sabtu (12/1 ).

Ditegaskannya , pernyataan ini juga merupakan menindak lanjuti berita Running Text  yang mengatakan tentang tidak ada tersedianya TPS di Lapas dan Rutan.

Sri Puguh menjelaskan , terkait TPS yang akan di sediakan di setiap Rutan dan Lapas pihaknya berkoordinasi langsung dengan Komisioner KPU Varyan , pada waktu hari yang sama saat menyelenggarakan simulasi E – KTP di Lapas Batam.

” Kami terus berkoordinasi untuk menjamin terselenggarakannya hak pilih narapidana dan tahanan , termasuk tersedianya TPS khusus di seluruh Lapas dan Rutan , ” jelas Sri Puguh.

Lanjut Sri , apabila ada Lapas dan Rutan yang jumlah pemilihnya sedikit , pihaknya akan menggabungkan dengan TPS terdekat di luar Lapas dan Rutan.

Saat ini terdapat 522 lapas dan rutan di Indonesia, dengan total penghuni lebih dri 254 ribu orang.

“Intinya kami akan memfasilitasi maksimal agar tahanan dan narapidana yang telah memenuhi syarat, tersalurkan suara nya pada PEMILU tahun ini,” pungkas Dirjend Permasyarakat.

Penulis : doni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here