BATAM, SIJORITODAY.com – Demi mensukseskan Pemilu 2019 mendatang, dalam menggunakan hak pilih suara.

Direktur Jenderal Permasyarakatan dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar simulasi percepatan Perekaman KTP – el dalam rangka optimalisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk narapidana, di Lapas Kota Batam, Sabtu (12/1) dini hari.

“Optimalisasi percepatan KTP-el ini menjadi bagian penting keseriusan mensukseskan Pemilu 2019 di Lapas dan Rutan, kolaborasi dan koordinasi Ditjenpas dengan Ditjendukcapil,” tutur Dirjend Permasyarakatan, Sri Puguh.

Sebelumnya pihak Dirjend Permasyarakatan juga telah berkoordinasi dengan Komisioner KPU untuk memastikan ketersediaan TPS (Tempat Pemilihan Suara) di Lapas dan Rutan.

“Alhamdulillah semuanya akan berjalan lancar hingga hari H nya nanti, 17 April 2019 “, kata Dirjend Permasyarakatan.

Tentang data pemilih di Lapas dan Rutan, dia menyebut bahwa memang terdapat _gap_ data.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah penghuni seluruh Indonesia saat ini 254.740 orang, sedangkan yang telah menjadi DPT sebanyak 79.065 orang dan DPS 130 ribu orang.

“Untuk itu memang sangat dibutuhkan kolaborasi aktif Kemenkumham dengan Kemendagri, untuk semakin memperkecil _gap_ ini. Targetnya sebanyak mungkin penghuni lapas rutan yang dapat menyalurkan Hak Pilihnya di Pemilu 2019 nanti,” ungkapnya.

Sedangkan di tempat yang sama, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakhrullah mengatakan, untuk mensukseskan Pemilu tidak cukup hanya peran KPU dan Bawaslu ,namun kolaborasi dan kerja sama semua pihak juga diperlukan.

“Terimakasih kepada Ibu Dirjenpas yang telah membukakan pintu untuk kami, melakukan percepatan perekaman KTP-el dalam rangka optimalisasi DPT (Data Pemilih Tetap) narapidana dan tahanan,” kata dia.

“Optimalisasi perekaman dan pencetakan KTP-el dilaksanakan serentak pada bulan Januari dan Februari, hingga awal Maret jika dianggap perlu,” ungkap Zufran.

Dalam rangkaian acara tersebut, Dirjenpas dan Dirjen Dukcapil menyaksikan dan memantau langsung perekaman data KTP-el.

Dua orang warga binaan Lapas Batam yang telah melakukan perekaman, menerima hasil cetak KTP-el yang diserahkan langsung oleh Dirjenpas dan Dirjen Dukcapil.

“Lapas Batam menjadi replika yang akan dilaksanakan di seluruh Lapas dan Rutan lainnya, ” tegas Utami.

Penulis: Doni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here