TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menetapkan jumlah pemilih penyandang disabilitas Pemilu serentak 2019 di wilayah Kepulauan Riau berjumlah sebanyak 1.940 orang.

“Persentasenya 0.158 persen dari total DPT Kepri 2019,” kata Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko, Kamis (17/1).

Priyo memaparkan pemilih penyandang disabilitas itu terdiri dari tuna daksa 441 orang, tuna rungu 380 orang, tuna grahita 419 orang, tuna netra 204 orang, dan lain sebagainya 496 orang.

“Ada 114 pemilih penderita gangguan jiwa yang masuk ke dalam tunas grahita,” katanya.

Priyo mengatakan data terkait pemilih disabilitas ini sangat penting bagi petugas tempat pemungutan suara (TPS), agar dapat  mempersiapkan sejak dini fasilitas dan pelayanan terbaik bagi pemilih penyandang disabilitas.

“Misalnya pemilih tuna netra, nanti teknis memilihnya seperti apa,” terangnya.

Dia menuturkan pemilih penyandang disabilitas yang ingin menggunakan hak pilihnya ke TPS bahkan mencoblos ke bilik suara, sesuai aturan diperboleh menggunakan pendamping dari pihak keluarga maupun perugas TPS itu sendiri.

Sebelum itu, sebutnya, pendamping wajib menandatangani formulir yang isinya tidak mempengaruhi pilihan maupun membocorkan pilihan pemilih penyandang disabilitas.

“Ada pidananya bagi yang melanggar ketentuan itu,” imbuhnya.

Berdasarkan rapat pleno KPU pada tanggal 12 Desember 2018, total pemilih Provinsi Kepri berjumlah sebanyak 1.229.424 orang, dengan rincian 619.882 pemilih pria dan 609.542 pemilih wanita.

Sementara jumlah TPS mencapai 5.457 TPS yang tersebar di tujuh kabupaten-kota se Kepulauan Riau.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here