Ketua Bawaslu RI, Abhan. Foto: Mn/Sijoritoday.com

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Abhan menyebut tim sukses atau calon legislatif diperbolehkan membagi angpau imlek terhadap masyarakat asal tidak berbau kampanye.

“Kalau untuk sedekah sah-sah saja, yang penting tidak ada unsur kampanye langsung maupun tidak langsung,” kata Abhan di Tanjungpinang, Senin (29/01/2019).

Abhan menjelaskan, kampanye langsung dimaksud ialah upaya mengajak secara lisan untuk mendukung atau memilih caleg tertentu. Dalam hal ini disampaikan oleh tim sukses atau caleg itu sendiri ketika memberikan angpau kepada warga.

Sedangkan kampanye tidak langsung, menurut Abhan berupa penyebaran alat peraga kampanye, foto pasangan calon, dan ajakan dukungan yang diselipkan di dalam angpau (amplop).

“itu sama saja dengan praktik politik uang,” ungkapnya.

Lanjut Abhan, pihaknya mengimbau masyarakat yang menemukan adanya dugaan politik uang dengan modus berbagi angpau, dapat segera melaporkan kepada Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) atau ke Bawaslu kabupaten/kota setempat.

“Bisa juga laporkan melalui aplikasi Gowaslu,” imbuhnya.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here