TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kapolres Tanjungpinang, Kepulauan Riau, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, mengaku siap mengawal pelaksanaan pemungutan suara ulang di lima TPS setempat yang dijadwalkan, Rabu (24/4) mendatang.

Menurut Ucok, pihaknya akan menurunkan 15 personil kepolisian untuk melakukan pengawalan saat hari H.

“Masing-masing TPS akan dikawal tiga personil,” kata Ucok, di Tanjungpinang, Kamis (18/4).

Ucok berharap kegiatan pemungutan suara ulang itu bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai mekanisme undang-undang yang berlaku, khususnya pendistribusian C6 atau undangan memilih kepada warga.

Selain itu, ia juga mengimbau kapasitas petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus memahami apa yang menjadi persyaratan memilih di TPS.

“Pada dasarnya kami sangat mendukung pelaksanaan pemungutan suara ulang itu hingga selesai,” imbuhnya.

Ucok menambahkan, kelima TPS di wilayah Tanjungpinang yang melakukan pemungutan suara ulang ini terdiri dari empat TPS di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari.

Sementara, satu TPS lainnya berada di Kelurahan Pinang Kecana, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Dari informasi KPU, kata Ucok, pemungutan suara ulang dilakukan karena ada sejumlah warga di luar Provinsi Kepri yang diizinkan petugas KPPS mencoblos di TPS setempat. Padahal pemilih hanya membawa KTP-el tanpa dilengkapi form A5.

“Formulir A5 merupakan salah satu syarat bagi pemilih yang akan menggunakan hak pilih di TPS yang berbeda dari TPS asal sesuai alamat e-KTP atau lokasi tempat ia terdaftar sebagai pemilih,” sebut Ucok.

(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here