TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Disperdagin Kota Tanjungpinang, Jum’at (17/5).

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, menyampaikan dalam sambutannya bahwa setiap bulan Ramadhan permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat cenderung terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga dan tentunya lonjakan harga yang tinggi akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat. “Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat peduli, sekaligus prihatin terhadap kondisi kenaikan harga beberapa bahan pokok pada bulan Ramadan ini, saya berharap ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri nanti tercukupi,” ujar Syahrul.

Sudah berbagai cara telah dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang, agar ketersediaan stok barang tidak menipis di tengah tingginya permintaan pasar selama Ramadan, terlebih menjelang hari raya nanti.

“Saya mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga secara berlebihan atau melebihi harga eceran tertinggi dan Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus berupaya menyusun program dan kegiatan untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok dan barang-barang penting lainnya,” tambah Syahrul.

Diakhir sambutan Syahrul mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan pasar murah ini. “Saya berharap pelaksanaan pasar murah ini, dapat mempererat hubungan antar Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan masyarakat, terlebih saat ini dalam suasana penuh berkah dan kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama,” tutup Syahrul

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun yang turut hadir dan memberikan pengarahan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan terimakasih kepada Pemko Tanjungpinang yang rutin melaksanakan kegiatan pasar murah setiap adanya hari besar, khususnya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. “Tentunya ini sangat membantu masyarakat kita serta mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi melonjaknya harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata Nurdin.

Nurdin juga menyampaikan akan berusaha untuk terus memantau perkembangan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Provinsi Kepri khususnya Tanjungpinang. “Kami akan saling berkoordinasi dan bersinergi bersama Pemerintah di Kabupaten Kota se-Provinsi Kepri agar semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan harga yang terjangkau hingga Hari Raya Idul fitri nanti,” tutup Nurdin.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang,
DR. H. Ahmad Yani, MM, M. Kes menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan pasar murah ini dilaksanakan pada tanggal 17, 18 dan 20 Mei 2019, yang terdiri dari 18 titik yang tersebar disetiap kelurahan se-Kota Tanjungpinang.
“Untuk harga setiap paket dihargai sebesar Rp. 90.000,- dengan subsidi Pemerintah Rp. 43.000, – dari harga normal Rp. 133.000,- dan diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah memiliki kupon,” ungkap Ahmad Yani.

Adapun total paket yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang sebanyak 8.600 paket dengan rincian setiap paketnya, berupa gula pasir premium 3Kg, tepung terigu 2 kg, minyak goreng kemasan 2 liter dan telur 1 papan (30 butir). “Kami atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan banyak terimakasih kepada para pengusaha, Bulog, Hypermart dan petani Kota Tanjungpinang yang telah menyediakan bazar-bazar murah di bulan Ramadhan, semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan membantu mengurangi beban masyarakat,” tutup Ahmad Yani.

(Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here