NATUNA, SIJORITODAY.com — Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar pertemuan dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Kementrian Kelautan Dan Perikanan ( KKP) pada 10 April 2019 kemarin.

Pertemuan ini digelar terkait rencana Jepang untuk membangun pasar perikanan modern dan pelabuhan di Natuna.

“Perwakilan Kedubes Jepang juga sudah turun langsung ke Natuna untuk melihat kondisi lokasi pembangunan itu,” kata Kasubag Hubungan Antar Lembaga, Ronnie Indra, Selasa (21/5).

Menurut Ronnie, Jepang berkomitmen untuk melanjutkan implementasi pengembangan (sentra perikanan) di enam pulau terluar di Indonesia, salah satunya ada di Natuna.
“Sebagaimana yang telah disepakati oleh negara Indonesia-Jepang sejak September 2017 lalu,” ungkap Ronnie.

Dia menjelaskan, bahwa Indonesia-Jepang turut berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama lain di bidang kemaritiman, seperti pengembangan infrastruktur pelabuhan.

Menurut Ronnie, konsep pasar dan pelabuhan perikanan terpadu yang tengah digarap oleh Indonesia dan Jepang itu juga ditujukan untuk mengembangkan kawasan pulau-pulau terluar di Indonesia sebagai sentra aktivitas dan pasar.

“Nanti Jepang akan bantu kasih teknologi perikanan, pengembangan pasar, dan pengembangan kapasitas bagi sumber daya Indonesia yang bergerak di bidang perikanan,” tuturnya.

Ronnie mengharapkan dukungan dan doa  khususnya warga Natuna dan Provinsi Kepri pada umumnya, agar rencana pembangunan tersebut dapat terealisasi.

“Sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Natuna, dan Indonesia pada umumnya,” tutup Ronnie.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadir Kepala Dinas perikanan, Kepala Dinas Bapedda, Dan Kadis Pariwisata Kabupaten Natuna.

(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here