TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Riau mendata jumlah penyandang disabilitas di daerah itu mencapai 1.846 orang.

“Jumlah itu tersebar di tujuh kabupaten/kota  se-Kepri,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Doli Boniara di Tanjungpinang, Kamis (25/7).

Doli merincikan, untuk Kota Tanjungpinang yang terdata ada 287 orang, Kota Batam 555 orang, dan Kabupaten Bintan 269 orang.

“Sementara untuk Kabupaten Anambas ada 50 orang, Kabupaten Natuna 218 orang, Kabupaten Lingga181 orang, Natuna dan kabupaten Karimun 286 orang,” ujar Doli.

Dinsos juga terus mendata dan memverifikasi keberadaan penyandang disabilitas di wilayah Kepri.

“Dengan terdata, pemerintah dapat memverifikasi kebutuhan penyandang disabilitas untuk kemudian diajukan ke Kementerian sosial dalam bentuk bantuan sosial,” imbuhnya.

Selain itu, Doli juga mengharapkan agar masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya penanganan disabilitas.

Dinsos mengimbau masyarakat tidak segan-segan  menginformasikan ke pemerintah,  jika ada keluarga atau sanak saudaranya yang menyandang disabilitas,” ungkapnya.

“Supaya ke depannya, pemerintah dapat memberiman pelayanan dan perhatian khusus pada Penyandang Disabilitas tersebut,” tuturnya.

(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here