TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Sebanyak 2.378 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan se-Kepulauan Riau menerima remisi umum atau pengurangan masa tahanan sempena HUT ke-74 RI, 98 orang di antaranya dinyatakan langsung bebas.
Pemberian remisi ini dilakukan oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto, di Lapas Narkotika Kelas II A, KM. 18 Kijang, Tanjungpinang, Sabtu (17/8).
Isdianto, dalam sambutannya mengatakan,  pemberian remisi tidak hanya dimaknai sebagai hak dari warga binaan, tapi lebih dari itu merupakan bentuk apresiasi negara kepada warga binaan yang berhasil mengubah perilaku menjadi lebih baik, meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keterampilan untuk hidup mandiri ketika kembali ke tengah-tengah masyarakat.

“Melalui pemberian remisi ini warga binaan diharapkan terus terus taat dan patuh dengan hukum dan norma yang berlaku sebagai bentuk tanggungjawab baik kepada tuhan maupun masyarakat,” ujar Isdianto.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Zaeroji, mengatakan pemberian remisi tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM RI nomor : 4984 PK.01.01.02 tahun 2019.

Dia merincikan jumlah warga binaan yang mendapat remisi sebanyak 2.378 orang, terdiri dari remisi sebagian sebanyak 2.280 orang dengan rincian satu bulan sebanyak 439 orang, dua bulan sebanyak 442 orang, tiga bulan sebanyak 586 orang, empat bulan sebanyak 492 orang, lima bulan sebanyak 274 orang, dan enam bulan sebanyak 47 orang.

Kemudian, untuk remisi seluruhnya yakni langsung bebas berjumlah 98 orang dengan rincian satu bulan sebanyak 28 orang, dua bulan sebanyak 15 orang, tiga bulan sebanyak 20 orang, empat bulan sebanyak 13 orang, lima bulan sebanyak 18 orang; dan 6 bulan sebanyak empat orang.

(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here