ANAMBAS, SIJORITODAY.com – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Inforamsi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, mengadakan survey lapangan terhadap masyarakat Desa Tarempa Barat, Rabu (16/10/19).

Peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari berbagai lapisan masyarakat seperti Pelaku Usaha, Badan Usaha, Publik Servis dan perwakilan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Salah satu tujuan dari giat ini yakni Guna mengetahui sudah sejauh mana tingkat kebutuhan dan ketergantungan masyarakat terhadap jaringan seluler berbasis internet di Kabupaten Kepulauan Anambas terhusus masyarakat Siantan.

Kegiatan berlangsung di ruang rapat Kantor Desa Tarempa Barat ini dihadiri oleh Ibenk Dari TNK konsultan bakti kominfo pusat, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas yang diwakili oleh Rais selaku pembicara pemanfaatan PRB, Camat Siantan, Kepala Desa Tarempa Barat, dan sejumlah perwakilan masyarakat.

Tim Survey yang terdiri dari 5 orang dan dipimpin langsung oleh Ibenk Dari TNK Konsultan Bakti Kominfo Pusat, melakukan kegiatan survey kepada masyarakat dari kelompok sosial dan strata yang berbeda, yang telah diundang secara acak oleh pihak Desa.

Menurut Ibenk, kegiatan survey tersebut bertujuan untuk mendapatkan data sebagai bahan masukan bagi Provider dan Operator guna meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi di daerah ini.

“Saat ini kita sedang melakukan survey potensi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah yang sudah memiliki NOC. Sasaran surveynya adalah masyarakat disekitar lokasi NOC, dan desa yang memiliki radius 30 km dari NOC. Sesuai dengan tujuan survey, maka kami akan menyasar berbagai kelompok masyarakat, diantaranya, badan usaha baik swasta ataupun juga badan usaha milik daerah dan desa, kemudian kelompok milenial serta masyarakat lain secara umum. Intinya kita ingin mengetahui, sejauh mana tingkat ketergantungan masyarakat terhadap jaringan internet, kemudian seperti apa kualitas jaringan yang sudah tersedia sekarang ini”, Terang Ibenk.

Saat Survey Terhadap Masyarakat Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna

Sambung dia, Sebelumnya pada Selasa (24/09/2019), Tim terlebih dahulu melakukan survey di daerah Kabupaten Natuna lebih tepatnya lagi di Kecamatan Bunguran Timur. mengingat Bunguran Timur adalah satu dari 57 daerah yang sudah memiliki Network Operation Centre (NOC).

Dari 28 ribu jumlah penduduk Bunguran Timur, diperkirakan 80 % sudah memiliki prangkat TI, baik berupa Smart Phone maupun prangkat penunjang lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang diwakili oleh saudara Rais menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Diskominfo Pusat yang telah menyempatkan diri untuk melakukan Survey di Kepulauan Anambas.

“Kami Diskominfo Anambas merasa bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih atas kesediaan Tim  dari Bakti untuk melakukan Survey di Anambas, semoga ini akan menjadi awal yang baik buat masyarakat kami yang berada di daerah terluar ini,” Tutup Rais. (Bg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here