ANAMBAS, SIJORITODAY.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama dengan instansi vertikal baik dari TNI/POLRI menggelar Upacara dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan Tema “Aku Pahlawan Masa Kini” yang digelar di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, Kecamatan Siantan, Minggu (10/11/19).

Terlihat ratusan personil dari TNI AL/AD, Polres Anambas, Satpol-PP/Damkar KKA, Dishub KKA, Tagana KKA, dan PTT KKA ikut juga berpartisipasi dikegiatan upacara tersebut.

Inspiktur Upacara Plh. Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P Batubara bahwa Hari Pahlawan mengingatkan kembali pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen bersejarah dalam merebutkan kemerdekaan Indonesia. dan bertindak sebagai Pemimpin Upacara Cap Laut (S) Imam Hanafi.

“Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan,” Tutur Wan.

Dia juga menyampaikan bahwa sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers Bung Karno yang menyatakan bahwa

“Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar”.

“Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,” Ucapnya.

Sementara itu dalam peringatan Hari Pahlawan untuk menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti bahu membahu menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis dan lain sebagainya.

“Sekarang, untuk menjadi pahlawan dapat dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, maupun membawa harum nama bangsa di kancah dunia atau Internasional,” Pungkasnya.

Selanjutnya setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi Tabur Bunga di Pelabuhan PELNI Tarempa sebagai bentuk penghormatan bagi para Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here