TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Kasatreskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Alie meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tanjungpinang tidak takut untuk kerjasama publikasi dengan Perusahaan Pers yang legal.

Hal itu disampaikan AKP Efendri Alie mengingat adanya laporan kecemasan OPD lain terkait perkara publikasi di Sekretariat DPRD Tanjungpinang yang tengah ditangani Satreskrim Polres Tanjungpinang.

“Jangan takut karena ada yang di periksa, selagi kerjasamanya sesuai aturan yang berlaku tidak perlu takut,” kata pria yang akrab di sapa Bang Alie, di Tanjungpinang, Sabtu, (16/11/2019).

Menurut Alie, setiap OPD perlu mempertimbangkan proses kerjasama dengan Perusahaan Pers semisal, kelengkapan administrasi perusahaan pers terverifikasi, pelaporan keuangan yang jelas dan wajar.

“Perusahaan persnya harus jelas, jelas administrasinya, kerjasamanya jelas, yang wajar-wajar saja. Intinya tidak perlu takut kerjasama dengan Perusahaan Pers, semakin takut berarti ada apa-apanya,” ungkapnya.

Sejumlah OPD di Pemerintah Kota Tanjungpinang mengaku cemas untuk kerjasama publikasi dengan Perusahaan Pers di kota Tanjungpinang. Salah satunya Dinas PUPR Kota Tanjungpinang.

Dilansir Pijarkepri.com, Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Hendri membenarkan kondisi kecemasan dinas mengenai kerjasama dengan Perusahaan Pers. OPD di Pemerintah Kota Tanjungpinang itu tak berani kerjasama publikasi dengan Perusahaan Pers mengingat tiga Dinas di Pemkot Tanjungpinang itu pernah diperiksa terkait publikasi.

“”Iya, gara-gara tiga Dinas kemarin yang diperiksa itu, kalau yang wajar-wajar aja gak apa sih, bentuk kerjasamanya seperti apa, pelaporannya gimana ya gak apa,” kata Hendri.

Menanggapi itu, Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepri, Zakmi Piliang mengapresiasi kerja-kerja aparat kepolisian mengenai pengungkapan kasus publikasi yang tengah ditangani Satreskrim Polres Tanjungpinang.

“Kami sangat mengapresiasi kerja aparat kepolisian, apa lagi dapat mengungkap terkait persoalan yang ada saat ini, tapi jangan sampai pemerintah takut untuk bekerjasama,” kata Zakmi yang juga Ketua PWI Tanjungpinang-Bintan ini.

Kendati memberikan apresiasi atas tugas aparat penegak hukum, Zakmi menilai peran serta pers dalam kemajuan sangat dibutuhkan, mengingat pers dalam Perusahaan Pers butuh dorongan dari pemerintah untuk dapat hidup.

Menurutnya, pemerintah tidak perlu kawatir soal kerjasama dengan Perusahaan Pers, asalkan standarisasi kerjasama sebagaimana dimaksud sudah sesuai dengan ketentuan. Dia mengatakan, berkat dorongan pers sebagian besar Pemerintah daerah di Indonesia maju.

“Banyak kota-kota, daerah yang maju karena dorongan pers. Selain sebagai fungsi kontrol pemerintah, pers juga sarana hiburan dan wawasan maka sudah tentu tidak hanya dapat bekerjasama dengan swasta, pers juga hadir membantu pemerintah dalam menjalan tugas,” ungkapnya.
(Ang/a)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here