NATUNA, SIJORITODAY.com – – Sebanyak 250 peserta yang terdiri dari Anggota DPRD, Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perwakilan Bank, Pengusaha Wisata, Pokdarwis, Tokoh Masyarakat, Camat, Lurah, Kepala Desa (Kades), Perwakilan Siswa SMP dan SMA se-Kabupaten Natuna mengikuti Sosialisasi Geopark Nasional Natuna.

Kegiatan dengan Tema ” Dengan Geopark Kita Wujudkan Masyarakat Natuna Sejahtera ” yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Natuna di Gedung Sri Srindit, Kamis Pagi (21/11/2019) yang berlangsung selama satu hari secara resmi di buka oleh, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti.

Narasumber kegiatan Sosialisasi Giopark ini adalah Para Ahli di Bidang Geopark Nasional yaitu, Prof. Mega Fatima Rosiana M.Sc.PHD.Ahli Geologi Unpad, Hanang Samodra dari pusat Survey Geologi dan Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna, Izwar Asfawi.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam kata sambutan mengungkapakan rasa syukur karena memiliki potensi di sektor wisata yang sangat menjanjikan untuk di jadikan modal bagi meningkatkan perekonomian Masyarakat sekaligus pendapatan asli Daerah.

” Terkait dengan intruksi Presiden Joko Widodo, yang menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan baik lokal maupun Mancanegara terdapat tiga istilah yang lazim diacu pada peta Pariwisata Nasional yaitu kawasan strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan Destinas Pariwisata Nasional (DPN), ” ucapnya.

Ia juga mengatakan, Ketiga bentuk kawasan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mengupayakan percepatan pembangunan kawasan pariwisata.

” Poin utama dari gagasan ini ternyata berasal dari sisi keinginan Pemerintah untuk menjadikan Pariwisata sebagai penggerak perekonomian, Selain fokus pada pengembangan destinasi, kemajuan pariwisata daerah juga ditentukan dengan ketersediaan sumber daya pariwisata yang memadai, seperti keberadaan para pemandu wisata, penggiat wisata baik Tour And Travel dan kelompok sadar sadar wisata maupun pelaku bisnis wisata seperti perhotelan restoran maupun rumah makan, ” ucapnya.

Ia juga berharap, agar melalui kegiatan ini, dapat membuka wawasan kita semua sehingga ke depan aksi berbagai peran dan funsi yang di jalan kan, dapat lebih kreatif, ambil peduli terhadap keletarian lingkungan, bijak mengelola potensi daerah menjadi bernilai ekonomis, namun terus berupaya memelihara keaslian geowisata yang kita miliki.

( Iwan Kurniawan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here