TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Plt Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto, mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama nelayan untuk mewaspadai cuaca buruk yang terjadi di Provinsi Kepri saat ini.

Isdianto meminta agar para nelayan dapat memperhatikan aturan keamanan dan petunjuk yang diberikan BMKG sebelum turun ke laut.

“Jangan sampai membahayakan keselamatan, jika cuaca buruk mohon untuk tidak melaut. Kalau melaut gunakan baju pelampung yang disediakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Isdianto, Kamis (12/12).

Selain itu, Isdianto juga mengharapkan kepada masyarakat pengguna alat transportasi laut untuk memperhatikan himbauan KSOP sebelum berangkat.

Dikatakannya, warga jangan mengabaikan aturan keselamatan, dengan tetap nekat berangkat dengan kelebihan muatan di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang ini

“Hal tersebut untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak kita inginkan bersama terjadi seperti, kecelakaan laut,” imbuhnya.

Apalagi dengan kondisi gelombang tinggi saat ini, lanjut Isdianto, untuk di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas Dan Natuna tinggi gelombang mencapai 4 hingga 7 meter.

“Kondisi ini menurut BMKG akan bertahan selama beberapa hari ke depan,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah, menyampaikan meski cuaca esktrem, pasokan sembako untuk masyarakat di pulau – pulau se Kepri harus tetap terjaga.

Pihaknya sudah memanggil Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Tanjungpinang untuk memastikan pasokan kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan sebagainya.

“Bulog sudah melaporkan bahwa pasokan sembako di pulau – pulau selama sudah aman selama tiga bulan ke depan,” sebut Arif.

Tak hanya itu, Pemprov Kepri bersama pihaj terkait turut mengawasi harga tiket transportasi jelang natal dan tahun baru. Termasuk mementau ketersediaan BBM dalam mendukung operasional transportasi, khususnya angkutan laut.
“Kita ingin masyarakat terutama yang merayakan natal dan libur tahun baru dapat terlayani dengan baik,” ujar Arif.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here