NATUNA, SIJORITODAY.com —¬†Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna melakukan sosialisasi tahapan penyelenggaraan dan tata cara penyampaian dukungan syarat bakal calon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang.

Ketua KPU Natuna dalam sambutanya menyampaikan sosialisasi tersebut dalam rangka menjalankan tahapan Pilkada di Natuna serta untuk menyamakan persepsi dalam menyukseskan pemilukada di Natuna.

“Khusus untuk pilkada Kabupaten Natuna dalam hal ini pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Nantinya Pasangan Paslon bisa mendaftarkan dirinya melalui partai politik atau gabungan partai politik serta calon perseorangan atau independen kekantor KPU,” kata Junaidi Abdilah, di rumah makan Sisi Basisir, Senin (30/12/2019).

Ia menambahkan sosialisasi tersebut juga sebagai wujud transparansi penyelenggarakan pesta demokrasi di Natuna, ia berharap sosialisasi ini kemudian dapat diteruskan kedalam masyarakat stacholder, serta kepada anggota partai politik.

Mengenai calon yang aktif di dalam jabatan baik TNI, Polri Dan DPRD, Junaidi menyampaikan bahwa pasangan calon mesti menyatakan secara tertulis bersedia cuti diluar tanggungan negara selama masa kampanye. Tidak berstatus sebagai penjabat gubernur, penjabat Bupati atau penjabat Walikota.

“Menyatakan secara tertulis mundur sebagai anggota DPR, DPD, DPRD provinsi atau kabupaten/kota. Kemudian, mundur sebagai anggota TNI dan Polri,” terangnya.
Selanjutnya, Junaidi mengingatkan untuk partai politik ataupun gabungan partai politik hanya dapat mendaftarkan satu bakal pasangan calon dan untuk pencalonan Perseorang harus menyiapakan 5.260 KTP yang tersebar di 8 kecamatan. (Iwan)

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here