TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Mayoritas Fraksi di DPRD Provinsi Kepri menyetujui pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Hal itu terlihat dalam sidang paripurna tanggapan fraksi DPRD Kepri atas penyampaian Plt Gubernur Kepri, Isdianto tentang Ranperda tersebut.

Fraksi-fraksi berpendapat Ranperda RZWP3K sangat dibutuhkan Provinsi Kepri yang 96 persen wilayahnya merupakan wilayah maritim.

Menurut perwakilan Fraksi Gerindra, Nyanyang Hatis Pattimura, Ranperda RZWP3K merupakan salah satu Ranperda yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan ekonomi lokal, dan penciptaan peluang investasi.

“Termasuk mendorong tumbuh kembangnya sentra-sentra produksi sumber daya pesisir,” kata Nyanyang.

Sementara perwakilan Fraksi Demokrat, Surya Sardi, menyarankan agar Pemprov Kepri dapat mensinkronisasikan perencanaan pembangunan di wilayah pesisir dan pulau-pulau terkecil dengan rencana pembangunan  di tingkat kabupaten/kota se Kepri guna mengoptimalkan perekonomian daerah.

Fraksi Demokrat juga menyatakan setuju atas pembentukan rancangan regulasi zona wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil tersebut.

“Harapan kami Ranperda RZWP3K dapat menentukan arah pembangunan dan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang terintegrasi dan bersinergi dengan setiap stakeholder terkait,” tutur Surya.
(Mn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here