PEKANBARU, SIJORITODAY.com– Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Riau.

Hal itu disampaikan Juru bicara KPK Ali Fikri dalam rilisnya yang diterima awak media ini, Kamis (12/3/2020) kemarin.

Menurut Ali Fikri, tim jaksa penuntut umum KPK telah melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pekanbaru.

“JPU KPK telah melimpahkan berkas perkara atas nama terdakwa Makmur alias Aan Direktur PT Mitra Bungo Abadi) ke PN Tipikor Pekanbaru,” katanya.

Ali menjelaskan bahwa Makmur didakwa dengan dakwaan subsidaritas yaitu Primair Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dalam kasus tersebut, Ali Fikri menjelaskan bahwa Makmur merupakan salah satu tersangka dugaan korupsi proyek peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis. Adapun proyek tersebut dikerjakan dengan menggunakan APBD kabupaten setempat tahun anggaran 2013-2015 lalu.

“Total 85 saksi yang telah diperiksa dan termuat dalam BAP,” ujar Ali Fikri.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan penanganan perkara ke Tim JPU atau tahap II. Untuk memudahkan proses persidangan nantinya, penahanan calon terdakwa itu dipindahkan ke Pekanbaru.

“Tersangka Makmur ditahan di Rutan Klas I Pekanbaru,” kata Ali Fikri.

Saat ini, kata dia, pihaknya menunggu penetapan jadwal sidang perdana oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Pekanbaru. Adapun agendanya, pembacaan surat dakwaan oleh Tim JPU.

“Persidangan akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, dan saat ini menunggu penetapan hari persidangan dari majelis hakim,” pungkasnya.

Penulis: Superleni

Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here