NATUNA, SIJORITODAY.com – – Sebanyak 20 Peserta yang terdiri dari Enam (6) Kecamatan se-Kabupaten Natuna mengikuti Pembukaan Malam Puncak Pemilihan Duta Generasi Bencana (Genre) Kabupaten Natuna tahun 2020, di Gedung Sri Srindit, Jum’at Malam (13/3/2019).

Kegiatan yang digelar oleh, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) secara resmi dibuka oleh, Bupati Natuna, Abdul Hamil Rizal.

Hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD).

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam kata sambutan mengungkakan Rasa syukur karena sedang mengalami fase Puncak di mana sumber daya manusia di usia produktif begitu besar dan sejuk yang hanya dapat digerakkan menjadi motor pembangunan untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih Gemilang di segala bidang. Namun demikian, perlu di sadari bahwa, generasi muda juga sedang menghadapi perubahan milenium yang sangat berat, serta butuh pembekalan dan persiapan diri untuk mampu menentukan kondisi Global yang sedang terjadi.

” Tidak jarang kita mendengar dan mengamati berbagai kejadian yang melibatkan generasi muda, baik sebagai pelaku maupun korban di tengah-tengah aktivitas sosial, seperti kenakalan remaja, menyalahgunakan narkoba, berbagai perilaku pergaulan yang diadopsi dari budaya barat yang memiliki dampak negatif bagi perkembangan mental, karakter dan pertumbuhan jasmani maupun rohani, ” ungkapnya.

Hamid juga menyampaikan, menjadi korban kemajuan teknologi seperti berbagai perangkat elektronik komunikasi yang saat ini benar-benar mempengaruhi pola kehidupan yang tanpa kita sadari menjadikan diri lebih individualisme, malas dan apatis serta berbagai bagai pengaruh negatif lainnya yang hendak menjadi perhatian bersama.

” Namun demikian segala kondisi di atas terjadi bukanlah semata kesalahan generasi yang tumbuh di zaman ini, melainkan pengaruh yang bersifat kompleks dan harus kita sadari, cermati serta bijak dalam menyikapinya. kurangnya perhatian terhadap anak oleh orang tua, kepedulian masyarakat, lingkungan sekitar, penguasaan lembaga pendidikan, kurangnya ruang kreativitas anak tidak kalah memberikan sumbangsih terhadap berbagai kerusakan sebagaimana yang saya Sebut diatas, oleh karenanya, kepada segenap unsur dalam momentum yang berbahagia ini, Saya ingin mengajak untuk kembali mengambil berat terhadap segala hal seperti kebutuhan berbagai hak dan pembekalan bagi generasi muda yang sedang menapaki, mencari jati diri dan membekali mereka agar mampu menjadi generasi yang mampu membentengi diri terhadap berbagai pengaruh negatif dan mampu menghadapi tantangan zaman, ” ucap Hamid.

Melalui kegiatan pemilihan Duta generasi berencana (Genre) ini, Hamid berharap agar generasi muda sekalian dapat menjadi generasi muda sebagai promotor terhadap Trias problem remaja yaitu, narkoba maupun pernikahan dini yang menjadi kekawatiran kita bersama, menjadi teladan sebagai figur remaja yang ideal Dengan segala aktivitas- kreativitas dan berbagai perilaku positif yang pada gilirannya akan menjadi contoh bagi teman sebaya menjadi kebanggaan orang tua dan tentunya kelak menjadi harapan Bangsa dan Negara untuk melanjutkan perjuangan pembangunan.

” Semoga kegiatan ini pula dapat menjadi motivator bagi segenap segenap remaja kabupaten Natuna untuk terus berupaya memperkaya Khazanah diri menjadi generasi muda yang berakhlak mulia berdedikasi dan fokus dalam menatap masa depan yang lebih baik, ” harapan Hamid.

Sementara itu, Kepala Dinas, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna, Rika Azmi Abdullah dalam laporannya menyampaikan, metode pelaksaan kegiatan ini melalui seleksi tertulis, wawancara serta dikarantina dan diberi pembinaan di Asrama Haji Natuna selama 2 hari.

” Pedaftaran kegiatan ini melalui pendaftaran Online dari tanggal 24 Februari sampai dengan 4 Maret 2020, ” paparnya. (Iwan)

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here