BINTAN, SIJORITODAY.com- – Dalam upaya memberikan efek jera kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar netral dalam kontestasi politik di Bintan, Bawaslu Bintan mulai ‘unjuk taring’ dengan memplenokan kasus yang menjerat salah satu pejabat Eselon III dilingkup Pemkab Bintan berinisial Z, sebagai pelanggaran hukum perundang-undangan lainnya.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (Kordiv HPP) Bawaslu Bintan Febriadinata menyampaikan, berdasarkan bukti dan fakta keterangan dan kajian, bahwa kasus tersebut merupakan pelanggaran hukum lainnya.

Sebagaimana termaksud dalam sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil terhadap Netralitas ASN pada penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

Rekomendasi pun dilayangkan agar ASN yang melanggar segera dijatuhi sanksi sesuai ketentuan.

“Rekomendasikan sudah kami teruskan ke instansi berwenang dalam hal ini Bupati Bintan selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk dapat ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Febri, Senin (16/3) siang.

Selain itu, kata Ketua Bawaslu Bintan itu, rekomendasi juga ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri, Menpan RB, Ketua Bawaslu RI dan Ketua KASN serta Bawaslu Provinsi Kepri.

Febri berharap, kejadian ini tak terulang lagi. Ia menghimbau agar ASN tetap bersikap netral selama pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Sebab, jika tidak Bawaslu dan jajarannya siap melakukan penindakan.

“Kita Bawaslu bersifat rekomendasi saja, selanjutnya kita serahkan ke Bupati untuk sanksinya,” kata Febri menjawab Sijoritoday.com.

Sebelumnya, lanjut Febri, Bawaslu telah memanggil oknum ASN berinisial Z itu untuk menghadiri undangan klarafikasi sebanyak 2 kali. Namun Z tidak hadir.

“Setelah dilakukan kajian dan mengumpulkan fakta-fakta dilapangan serta saksi-saksi, Bawaslu mengeluarkan rekomendasi pelanggaran oknum Z yang di tujukan ke Bupati Bintan,” cetusnya. (Ak)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here