TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– Tidak sedikit masyarakat yang masih beranggapan bahwa tugas TNI hanyalah perang dalam menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Selain mengemban tugas negara, kehadiran TNI juga memiliki kewajiban membantu tugas pemerintah di daerah. Membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, sebagaimana tertuang dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004.

Dasar pijakan UU tersebut, tampak puluhan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang biasa berdinas di Kodim 0315 Bintan berkumpul. Pemandangan yang tidak biasanya, ratusan personil baik TNI, Polri berseragam lengkap. Ditengah-tengah para prajurit ini hadir masyarakat Kelurahan Tanjung Siambang Kecamatan Dompak Kota Tanjungpinang, Kepri.

Pada Senin pagi ini, menjadi saksi kebersamaan antara TNI, Polri dan masyarakat setempat. Mereka bersama-sama melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2020.

“Yang mana berdasarkan kebersamaan dengan masyarakat terutama dengan pemerintah yang ke 107 khusus di wilayah Korem 033/ Wira Pratama Khususnya Kodim 0315/Bintan yang berada di kota tanjungpinang tepatnya di lokasi Kampung Tanjung Siambang,” kata Danrem 033 Wira Pratama, Brigjend TNI Gabriel Lema, Senin (16/3/2020).

Menurut Danrem Brigjend TNI Gabriel Lema dalam sambutannya menyebut Kegiatan yang saat ini dilaksanakan merupakan program Tentara Manunggal membangun desa yang ke 107 pada tahun 2020.

Selanjutnya, lanjut Danrem, pada tahun ini secara fisik membantu pembukaan jalan semenisasi kurang lebih satu kilometer. Kemudian, kata Danrem lagi, secara non fisik dalam konteks terus meningkatkan ketahanan bangsa lewat berbagai macam kegiatan serta berbagai bidang.

“Selama ini mungkin perlu bersama sama saling membantu, saling mengingatkan lewat sosialisasi – sosialisasi dengan kegiatan ini, tidak hanya dilaksanakan oleh TNI saja tapi kebersamaan dengan pemerintah, karena pemerintah menjadi utama kegiatan ini di lapangan bersama masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Pembukaan TMMD ini turut dihadiri Walikota Tanjungpinang, Danrem 033 WP, Dandim 0315 Bintan, Kapolres Tanjungpinang yang di wakili oleh Kapolsek Bukit Bestari, Kasatpol Provinsi Kepri, Lurah Dompak, Camat Bukit Bestari, Kadis PUPR Kota Tanjungpinang.

TMMD ini juga sekaligus mempercepat pembangunan di daerah karena sejak awal dilakukan sesuai perencanaan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Sehingga perencanaan tersebut disetujui oleh pemerintah serta menyiapkan anggaran dan aplikasi di lapangan agar semua pihak dapat bertanggungjawab bersama-sama.

Penulis: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here