ANAMBAS, SIJORITODAY.com– Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD melalui Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Rudianto, Senin (16/3) tiba di bandara Matak Kepulauan Anambas, dan disambut oleh Bupati Abdul Haris, SH serta sejumlah petinggi di Kabupaten tersebut.

Kedatangan Deputi IV Kemenko Polhukam serta rombongannya itu dalam rangka mencanangkan Gerakan Pengembangan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2020, di Kantor Bupati, Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Senin (16/3/2020).

Deputi IV Mayjen Rudianto dalam sambutannya mengatakan dengan dicanangkannya Gerbangdutas ini, maka akan menjadi sebuah fase baru yang patut disyukuri oleh masyarakat di Anambas. Mengingat Gerbangdutas ini merupakan program Nawacita Presiden Joko Widodo.

“Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat Rp 350 Miliar melalui program Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas),” ujar Mayjen Rudianto.

Rudianto berharap, dengan adanya program Gerbangdutas ini. Tentu menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk semakin maju dan terus berkembang.

Sedangkan Mendagri Tito Karnavian yang diwakilkan Plt Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro mengatakan bahwa sejumlah Menteri tidak dapat hadir ke Anambas. Hal itu dikarenakan adanya virus Corona.

“Berhubung sekarang adanya virus Corona, Menteri yang tadinya akan hadir, tidak bisa datang ke Anambas. Jadi kami memohon maaf kepada masyarakat Anambas,” ucap Suhajar Diantoro.

Namun, lanjut Suhajar, pencanangan Gerbangdutas tetap dilaksanakan. Sebab, ini merupakan visi misi Presiden Joko Widodo untuk daerah perbatasan yang menjadi garda terdepan NKRI.

“Maka dari itu alokasi dana dari pemerintah pusat akan terfokus pada pembangunan infrastruktur daerah seperti pelabuhan, air bersih, pendidikan dan kesehatan,” tandasnya.

Sementara Bupati Anambas Abdul Haris, SH mengatakan, selama empat tahun pihaknya melobi dan meminta baik melalui surat maupun lisan agar Gerbangdutas dapat terlaksana di Kepulauan Anambas.

“Insya Allah dengan adanya Gerbangdutas, pemerintah pusat akan lebih fokus dalam membangun daerah perbatasan, yang akan dilaksanakan mulai tahun 2020-2024 khususnya Anambas,” pungkasnya.

Penulis: Sarinah

Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here