TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– Ditengah penyebaran wabah virus Corona atau disebut Covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya Tanjungpinang, Kepri, kantor Cabang dan outlet pelayanan Pegadaian dikunjungi warga yang datang menggadaikan emas.

Seperti yang tersaji di kantor Cabang Pegadaian Tanjungpinang, Kamis (02/4/2020). Tampak nasabah sudah antri menunggu jadwal pemanggilan sesuai nomor yang tertera.

Sartika, warga Tanjungpinang mengaku bahwa kedatangannya ke kantor pegadaian untuk menggadaikan emas miliknya.

Menurut Sartika, kalung emas miliknya terpaksa dia gadaikan untuk menutupi kebutuhan di dapur. Apalagi, ia adalah tulang punggung bagi keluarganya.

“Ya biasanya saya jualan makanan di sekolah pak, tapi karena virus Corona ini kan nggak jualan. Makanya saya gadaikan emas saya buat belanja. Apalagi suami saya udah lama meninggal, jadi semua kebutuhan rumah terpaksa saya yang nanggung,” ucap Sartika polos.

Begitupun dengan Yusri, warga kecamatan Tanjungpinang Timur ini menggadaikan cincin emasnya. Hal itu dia lakukan karena suaminya yang menekuni ojek online mengalami penurunan dalam antar jemput penumpang.

“Biasalah bang, suami cuma tukang ojek online, sejak corona, orang malas keluar. Otomatis penumpang gak ada. Makanya saya gadai cincin buat bayar listrik, belanja dan air,” ujar Yusri.

Sementara, Asisten Manager Operasional Pegadaian Cabang Tanjungpinang, Ade Irma Susanti kepada awak media ini mengatakan permintaan barang gadai emas masih sangat tinggi dari barang yang lain.

“Masih perhiasaan, yang paling tinggi untuk barang gadai meski di tengah pandemi covid-19,” kata Ade, Kamis (02/04) Siang, di ruang kerjanya.

Ade mengatakan kondisi sekarang transaksi kantor berkurang, karena pembiayaan butuh survey lapangan.

“Karena kondisi sekarang kita transaksi kantor berkurang, pembiayaan berkurang karena pembiayaan butuh survey lapangan, gak seperti sebelum Covid-19,” kata Ade.

Ade juga menjelaskan untuk permintaan gadai masyarakat dalam tiga bulan lalu hingga sekarang masih stabil.

“Gak terlalu signifikan untuk barang yang digadai kepada masyarakat dan sekarang ditengah pandemi ini masih sama,” tutupnya.

Penulis: Ilham
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here