BINTAN, SIJORITODAY.com–¬†UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) meyakini adanya oknum tertentu yang membuat terjadinya kebakaran hutan pada tiga kecamatan di Kabupaten Bintan.

Kepala UPTD Damkar Toapaya Asri, Bintan, Nurwendi mengatakan, Kebakaran telah menghanguskan sekitar seratusan lebih hektare hutan lindung maupun lahan milik warga sekitar yang berada di Kecamatan Toapaya, Kecamatan Teluk Bintan, dan Kecamatan Gunung Kijang.

Menurut Nurwendi, kuat dugaan kebakaran dipicu oleh oknum tidak bertanggungjawab yang sengaja membuka lahan pada saat musim panas.

“Dugaannya seperti itu, tapi lebih jelas lagi, polisi yang akan melakukan penyelidikan, tugas kami hanya memadamkan api,” kata Kepala UPTD Damkar Toapaya, Nurwendi, Sabtu.

Bahkan, lanjut Nurwendi, UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Toapaya Asri, Bintan, Kepri mencatat sejak Januari hingga April 2020 terdapat 60 kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

Namun, kata Nurwendi, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang terjadi.

Oleh sebab itu, Nurwendi berharap aparat kepolisian dapat segera mengungkap dugaan pelaku pembakaran hutan dan lahan tersebut.

“Karena setiap kebakaran yang terjadi, menurutnya, tidak pernah diketahui jejaknya. Alih-alih, kami terima laporan dari warga kalau terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujar Nurwendi, Senin (6/4/2020).

Penulis: Mn
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here