BINTAN, SIJORITODAY.com– Kondisi masa pandemi covid-19 saat ini membuat beberapa sektor alami perubahan yang signifikan. Baik harga maupun ketersediaan beberapa kebutuhan pokok (Sembako).

Menyikapi hal tersebut, satgas pangan kabupaten Bintan meninjau ketersediaan stok telur dan daging ayam potong menjelang lebaran di tempat peternakan ayam telur milik Rudi di JalanTirta Madu Kecamatan Toapaya selatan Kabupaten Bintan, Rabu (6/5/20).

Kegiatan ini langsung dipimpin Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono didampingi Kasat Reskrim AKP Agus Hasanuddin, Kanit Intelkam Polsek Gunung Kijang IPDA Andy W. Silaen.

Selain itu, tim juga ditemani PPNS Disperindag Kabupaten Bintan, Setia Kurniawan, Kepala Dinas Pertanian, Khaerul dan rombongan lainnya.
Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono kepada awak media ini menjelaskan agenda satgas pangan ini guna memantau perkembangan kebutuhan bahan pokok yang ada di wilayah kabupaten Bintan.

Menurutnya, produksi rata rata harian telur melebihi populasi penduduk di kabupaten bintan.

“Dan kelebihan tersebut untuk memasok ke pasar kota Tanjungpinang, Tarempa, Natuna dan Dabo serta pulau pulau di kepri. Hal ini bisa dikatakan bintan swasembada produksi telur,” kata Kapolres AKBP Bambang Sugihartono.

Sementara, lanjut Kapolres, untuk daging ayan sampai dengan saat saat ini cukup untuk antisipasi lebaran.

“Jadi masyarakat tidak perlu panik (panic buying) dari mulai bulog kesediaan pangan sudah ada, ketahanan pangan, kemudian dari kementerian perdagangan dengan polri satgas pangan kita selalu bergerak, termasuk kemarin sudah kita datangkan gula 170 ton untuk menekan (HET),” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga akan menindak tegas apabila ada pedagang yang bermain sesuai undang-undang yg berlaku.

Sedangkan pemilik ternak, Rudi mengaku sangat mendukung program yang dicanangkan pemerintah dalam rangka pemenuhan stok telur dan ayam potong melalui arahan dari kasatgas pangan, dalam hal ini Polres Bintan.

Menyangkut stok jelang lebaran, Rudi berkeyakinan tetap menjaga stabilisasi stok sehingga harga telur dan ayam tidak mengalami kenaikan.

Penulis: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here