Keterangan foto: Bupati Bintan, Apri Sujadi

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Bupati Bintan Apri Sujadi menerbitkan edaran terbaru terkait COVID-19. Edaran yang diterbitkan 14 Mei kemarin sebagai tindak lanjut surat MUI Provinsi Kepri tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dalam situasi pandemi COVID-19

Bintan yang merupakan zona hijau kini sudah mulai membuka mesjid dan mushala serta surau untuk beribadah secara jemaah. Hanya saja, dalam edarannya, Bupati menginginkan agar protokol kesehatan diperhatikan.

Apri mengatakan, kondisi penyebaran COVID-19 diwilayah Bintan masih relatif terkendali.

“Agar menyediakan scan suhu tubuh, menggunakan masker, menyediakan handsanitizer, membawa sajadah masing-masing, tidak berjabat tangan dan tetap menjaga jarak,” imbuhnya.

Selain itu, jemaah yang dianjurkan beribadah pada mesjid, surau atau mushala merupakan warga sekitar. “Agar jemaah dari luar kampung, tidak diperkenankan shalat,” ujar Apri.

Apri juga meminta bahwa dalam hal pelaksanaan ibadah shalat berjamaah, diminta kepada pengurus masjid, surau/musholla agar mengutamakan jamaah di lingkungannya.

Pelaksanaan ibadah shalat Jum’at dan Idul Fitri 1441 H, juga diminta kepada khatib untuk mempersingkat khutbahnya sekitar 7-10 menit paling lama serta dan imam shalat membaca maksimal 20 ayat dan paling sedikit 3 ayat pendek.

“Bagi yang tetap berkeinginan melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H dirumah, dipersilahkan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku,” katanya.

Apri juga tidak lupa menghimbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan pawai dan takbir keliling pada malam peringatan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H mendatang. (Btn)

Editor : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here