TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Beredar video maupun foto seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) (sebelumnya disebut ODP) sedang di jemput oleh Tim Covid-19 RSUP Raja Ahmad Tabib dengan memakai APD lengkap, di salah satu kedai kopi Kaca Puri, Tanjungpinang, Kamis (28/5).

Ternyata pasien itu merupakan pasien PDP di RSUD Kota yang melarikan diri dari Rumah Sakit karena merasa kurang nyaman karena di rawat isolasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam.

“Iya ini pasien PDP di RSUD Kota yang barangkali kurang merasa nyaman dirawat sebagai pasien isolasi,” katanya saat di konfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (29/05) siang.

Rustam mengatakan pasien tersebut di rawat dikarenakan memiliki gejala demam dan sesak sesuai hasil foto rongent.

“Pasien ini merupakan pasien dalam pengawasan karena memiliki gejala demam dan sesak dan berdasarkan hasil foto rongent menunjukkan gambaran pneumonia bilateral,” ujarnya.

“Hasil rapid tes non reaktif dan masih menunggu hasil PCR atas sampel swab yang telah diambil. Pasien juga memiliki riwayat diabetes melitus dengan ulkus,” sambung Rustam.

Di ketahui pasien tersebut melarikan diri dengan mencabut selang infusnya dan keluar dari ruang perawatan pada pukul 21.00 wib bersamaan dengan pergantian shift perawat.

Dengan cepat petugas langsung mencegah, namun tetap tidak diindahkan oleh pasien tersebut.

“Kemudian diikuti oleh petugas security dan sopir dengan berpakaian APD lengkap,” terangnya.

Selang beberapa menit diberikan nasehat dan bujukan, akhirnya pasien bersedia kembali ke ruang perawatan.

“Setelah diberikan nasehat dan bujukan, akhirnya yang bersangkutan bersedia kembali ke ruang perawatan pada jam 22.20,” tutupnya.

Penulis : Ilham

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here