Foto Bupati Bintan Apri Sujadi

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bintan serentak akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Meski di situasi pandemi COVID-19, pagelaran akbar lima tahunan itu sudah disepakati untuk dilaksanakan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan beberapa waktu lalu sudah mengumumkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) ditambah sebanyak 34 TPS dari 318 TPS menjadi 352 TPS.

Jumlah tersebut ditanggapi Bupati Bintan Apri Sujadi, dirinya menilai dalam 1 TPS idealnya tidak melebihi 300 orang pemilih. Dirinya pun mengusulkan agar jumlah TPS harus ditambah lagi.

“Saya tidak mau dalam 1 TPS jumlahnya (pemilih) mencapai diatas 300 orang. Kalau bisa jumlah TPS diperbanyak, supaya per TPS hanya mengcangkup warga sekitar saja,” usul Apri, kemarin.

Usulannya itu tentu beralasan, mengingat situasi pandemi COVID-19 yang membahayakan jika ada kerumunan orang banyak dalam suatu tempat.

Tak hanya itu, Apri juga menyarankan agar dalam proses pencoblosan nanti KPU bisa menjadwalkan proses pemilhan. Sebagai contoh, Ia memaparkan dalam satu TPS pada jam tertentu hanya difokuskan untuk satu RT dan selanjutnya. Hal ini demi mencegah kerumunan orang banyak dalam satu TPS.

“Kemudian kami mau usulkan agar undangan pemilih dibuat per RT dan ditentukan waktunya dari jam berapa ke jam berapa. Sehingga pemilih dari RT sana tidak memilih di RT lain,” timpalnya.

Pemkab kata Apri, sedang memikirkan usulan penambahan anggaran dari KPU Bintan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas penyelenggara. Hal ini sangat penting. (Btn)

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here