ROKANHILIR, SIJORITODAY.com–¬†Polres Rokan Hilir menggelar kegiatan ketahanan pangan dengan menabur benih ikan dan penanaman palawija di wilayah hukum Polsek Bangko. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut hari jadi Bhayangkara yang ke-74, Selasa (23/6/20).

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto mengatakan kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan dalam penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polsek Bangko.

Sementara Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais menyebut budidaya ikan nila yang dibina Bhabinkmatibmas Bagan Barat serta Bhabinkamtibmas Bagan Jawa Polsek Bangko bermitra dengan pondok Pesantren Roudhotul Jannah Bagansiapiapi pimpinan Haji Khalifah Syukur di jalan Teladan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil.

Menurut Kompol Sasli Rais, kegiatan ini diharapkan dapat membantu Pondok Pesantren serta menjadikan aktifitas positif santri dan pengasuh.

“Sedangkan program Penanaman tanaman palawija kacang, timun dan jagung di desa Labuhan tangga besar di bina oleh Bhabinkamtibmas Labuhan Tangga Besar, bekerja sama dengan BRG (Badan Restorasi Gambut) dan penghulu Labuhan tangga besar di lahan Kelompok tani Gambut jaya Abadi jalan Teladan Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar,” kata Kapolsek.

Dikatakan Kompol Sasli Rais, adapun lahan kegiatan penanaman palawija tersebut dengan memanfaatkan lahan gambut yang diolah sehingga lahan yang tadinya hanya dibuat untuk menanam sawit oleh masyarakat dijadikan lahan tumpang sari, diolah sedemikian rupa.

“Sehingga lahan gambut bisa dimanfaatkan untuk aktifitas lahan pertanian masyarakat,yang dapat menghasilkan dan meningkatkan perekonomian,” harap Kompol Sasli.

Penulis: Donald Freddy/ Hery Chandra Winata, P

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here