Acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan Panwascam Toapaya di Pasar Tani Toapaya, Rabu (7/10) pagi. Foto Btn

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Tensi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bintan tahun ini kian menghangat. Masa kampanye yag singkat, membuat para pasangan calon (Paslon) harus mendesain strategi seapik mungkin.

Tak anyal bermacam potensi dugaan pelanggaran akan muncul. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Panwascam Toapaya menggelar sosialisasi bertajuk pengawasan partisipatif.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mengundang kaula muda di Kecamatan Toapaya ini digelar sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk ikut berperan aktif mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pilkada.

Ketua Panwascam Toapaya, Bintang Oki Alexander menyampaikan, sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilaksanakan untuk membentuk agen-agen pengawasan dilingkungan masyarakat.

“Ya dengan ini kita tentu berharap, masyarakat terutama yang kami undang ini memiliki bekal pengetahuan dan wawasan mengenai apa itu Pilkada. Sehingga mereka nanti bisa menjadi agen pengawasan kita dilapangan,” ujarnya di Pasar Tani Toapaya, Rabu (7/10).

Menurut dia, pengawasan menjadi tanggungjawab warga negara. Hanya saja, secara regulasi, jajaran Bawaslu termasuk panwascam mengemban amanah untuk melakukan pengawasan setiap proses tahapan pilkada.

“Ya masyarakat juga bisa ikut mengawasi, kalau menemukan adanya pelanggaran kan bisa melaporkan kepada kami. Itulah harapan kami, partisipasi masyarakat membantu pengawasan agar pilkada kita berjalan dengan kondusif,” paparnya.

Ia juga menyinggung rencana perekrutan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) yang sedang berlangsung. Bintang mengajak kepada masyarakat yang memiliki kemauan ddan mental kuat untuk bergabung menjadi PTPS.

“Khusus di Kecamatan Toapaya, formulir bisa langsung didapat di sekretariat kami di Km 26 Toapaya Asri. Kami mengajak masyarakat untuk bergabung bersama kami,” serunya. (Btn)

Editor : Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here