Calon Bupati Bintan Apri Sujadi bersama dengan petani saat memanen padi didaerah Toapaya. Foto DOK IST

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Keinginan Apri Sujadi untuk membangun Bintan, terus menggelora dalam jiwanya. Ide dan gagasan brilian kali ini dibeberkannya, lahir dari sebuah keinginan untuk menjadikan lahan subur Bintan membuahkan hasil dari kerja keras para petani lokal.

Proyeksi produktif di tanah kelahirannya itu menghadirkan program ‘Bintan Tahan Pangan’. Selama lima tahun terakhir, produksi pertanian di Bintan cukup baik, namun ia ingin hasilnya dapat melahirkan petani yang sejahtera, dan mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Bintan.

Calon Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan potensi pertanian di Bintan cukup memadai. Lahan yang subur di Bintan terbentang luas. Sebagian lahan sudah dikelola sejak dahulu hingga sekarang, namun produktivitas pertanian perlu ditingkatkan lagi. Ini semata-mata untuk kepentingan petani, masyarakat dan daerah.

Karena itu, lahan yang digarap untuk sawah perlu ditingkatkan melalui teknologi pertanian dan sumber daya manusia yang memadai, sektor pertanian diyakini akan tumbuh dan berkembang di Bintan.

“Dorongan pemerintah, stimulus dan pembinaan perlu diberikan kepada petani agar Bintan yang subur melahirkan petani yang makmur,” ucapnya di Kijang, Rabu (7/10).

Setelah melihat keberhasilan program-program pembangunan di Bintan selama lima tahun terakhir ini, sangat sulit untuk mengatakan kepemimpinan Apri Sujadi sebagai Bupati Bintan, tidak berhasil, di periode 2016-2021, apalagi jika menyebut tidak berpihak kepada rakyat, sangat tidak mungkin.

Apri juga sukses memompa semangat membangun masyarakat yang menyengat bumi Bintan, melalui inovasi program-program unggulan dalam mewujudkan impian besarnya ‘Bintan Gemilang 2025’ yang tertuang dalam visi pembangunan Kabupaten Bintan dengan terwujudnya Kabupaten Bintan yang madani dan sejahtera melalui pencapaian Bintan Gemilang 2025″.

Impian besarnya itu, ia wujudkan lewat misi khusus, yang fokus di bidang pendidikan, kesehatan, seni budaya dan pariwisata, serta perikanan dan pertanian.

Mantap menatap periode keduanya, Apri-Robby ingin mengenalkan programnya kedepan seperti Gerbang Kampung dan Kampung Tahan Pangan.

Apri Sujadi menjelaskan, lahan tidur yang selama ini dibiarkan, akan digarap sebagai lahan pertanian. Nantinya, para petani akan di dorong untuk lebih giat lagi dalam mengelola lahan pertanian dengan menanami berbagai aneka ragam tanaman pangan.

Para petani juga akan mendapat pendampingan dari dinas teknis terkait. Penyuluhan pertanian akan ditempatkan di kampung-kampung, untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Para petani kita gerakkan untuk menggarap lahan tidur untuk dikelola sebagai lahan pertanian, kemudian kita dukung alat-alat pertanian petani, setelah itu, petani juga kita bimbing mulai dari pengelolaan hingga perawatan dan masa panen, agar hasilnya sangat menggembirakan,” papar Apri.

“Melalui Kampung Tahan Pangan, kami ingin kebutuhan pangan masyarakat Bintan tetap tercukupi terutama dalam menghadapi berbagai tantangan seperti pandemi Covid-19, yang sekaligus untuk mendukung program ketahanan pangan nasional,” kata Apri Sujadi. (Btn)

Editor : Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here