TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Suryani resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri.

Pengunduran diri Suryani itu berhubungan dengan dirinya yang maju sebagai Cawagub mendampingi Isdianto Cagub Provinsi Kepri pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Diberhentikan karena mengikuti Pilkada bukan karena dipecat,” kata Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jum’at (16/10).

Jumaga menuturkan, pengunduran Suryani dari jabatannya sesuai dengan peraturan KPU yang mewajibkan setiap pejabat publik untuk mengundurkan diri apabila maju menjadi kepala daerah.

“Karena peraturan KPU, setiap anggota DPRD yang mau jadi calon Walikota, Bupati atau Gubernur harus mengundurkan diri dari DPRD,” tuturnya.

Sementara itu, Suryani mengaku telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebelum ditetapkan sebagai Cawagub mendampingi Isdianto Cagub Provinsi Kepri.

“Saya mengajukan surat pengunduran diri sebelum penetapan calon,” katanya.

Suryani juga membeberkan, posisinya sebagai anggota DPRD akan digantikan oleh Yusuf yang memperoleh suara terbanyak ketiga setelah Suryani dengan 3.603 suara pada Pemilu Tahun 2019 yang lalu.

“Pak Yusuf yang akan menggantikan saya,” bebernya. (Nuel)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here