Kepala Kejari Bintan Sigit Prabowo didampingi sejumlah kasi di Kejari Bintan saat menyampaikan capaian kinerja tahun 2020 di kedai kopi TKP Bintan, Senin (4/1). Foto Btn

BINTAN,SIJORITODAY.com – Selama periode tahun 2020, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan berhasil menyetor Rp 593 juta penerimaan negara bukan pajak (PNBP) ke negara. Hal ini disampaikan Kepala Kejari Bintan Sigit Prabowo saat bincang-bincang dengan sejumlah awak media di Kedai TKP Bintan, Senin (4/1) pagi.

Sigit didampingi sejumlah pejabat Kejari Bintan lainnya memaparkan capaian kinerja masing-masing bidang di Kejari Bintan selama periode 2020.

Untuk dibidang pembinaan, Kejari Bintan berhasil menyetor Rp 593 PNBP yang bersumber dari lelang barang rampasan, denda, biaya perkara serta tilang.

“Kita tahun 2020 berhasil menyerahkan PNBP sebesar Rp 593 juta ke negara yang bersumber dari 4 kegiatan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan dibidang intelejen, ada beberapa kegiatan seperti jaksa masuk sekolah, jaksa menyapa setiap hari Selasa, serta kegiatan penyuluhan hukum yang bekerjasama dengan pemerintah desa se-Kabupaten Bintan.

“Sementara dibidang pidum (Pidana Umum), SPDP yang kita terima sebanyak 124 perkara didominasi kasus narkotika, pencurian dan penganiayaan serta perkara anak. Ada 126 perkara termasuk PR tahun 2019 dan ada 133 perkara yang berhasil kita eksekusi,” terangnya.

Sementara dibidang pidana khusus, ada 1 perkara yakni penyertaan modal pada BUMD PT BIS dan sudah menetapkan dua tersangka serta satu perkara pajak limpahan Kejati Kepri.

“Sementara dibidang perdata, kita melakukan enam kegiatan pendampingan terkait penyaluran bansos Covid, BPBD, Dinkes Bintan kegiatan penanggulangan Covid, Disdik Bintan pengadaan seragam sekolah gratis serta dua kegiatan di RSUD Bintan,” timpalnya.

Sigit berharap dengan terbangunnya gedung baru Kejari Bintan di Kompleks Bandar Seri Bentan, bisa menambah semangat Kejari Bintan dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat Bintan.

“Ya semoga bulan ini (Januari-red) sudah bisa kita fungsikan gedung baru kita di Bintan Buyu,” tutupnya. (Btn)

Editor : Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here