JAKARTA, SIJORITODAY.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Kedua paslon yang akan menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2021-2024 adalah Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti diketahui, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yaitu Ansar Ahmad dan Marlin Agustina diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pilkada 2020.

Selain gubernur Kepulauan Riau, ada dua pasangan kepala daerah lainnya yang ikut dilantik. Antara lain Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wagub Sumatra Barat serta M. Rohidin Mersyah-Rosjonsy sebagai pasangan Gubernur dan Wagub Bengkulu.

Sebelum dilantik di Istana Negara, para kepala daerah yang akan dilantik terlebih dulu mengambil surat keputusan presiden di Istana Merdeka. Kemudian, mereka melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara bersama dengan Presiden Jokowi.

Adapun, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur di tiga provinsi itu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepuluan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Presiden Jokowi juga memimpin secara langsung pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur ketiga provinsi itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam proses kirab Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Taufik)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here