ANAMBAS, SIJORITODAY.com – – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Anambas menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum (Pandum) Fraksi-fraksi terhadap tiga Ranperda atas usulan Pemkab Anambas, Senin (05/04/2021).

Pandum fraksi tersebut turut disampaikan Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Bintang Nasional Indonesia, Fraksi Karya Indonesia Raya dan Fraksi PDI-Perjuangan Plus.

Seperti Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Ketua Fraksinya Yusli YS, meminta agar pemerintah selalu memperhatikan asas didalam rancangan peraturan daerah dalam pemberian insentif.

Ranperda yang diusulkan pemerintah Anambas, yaitu terkait Ranperda Insentif atau pemberian kemudahan kepada masyarakat atau investor, Fraksi PDI Perjuangan Plus berharap agar ranperda yang akan dijadikan perda nantinya dalam implementasinya bisa menyerap tenaga kerja sebagai sumber daya lokal.

Selain itu, Fraksi PDIP berharap agar pemerintah dapat memanfaatkan potensi melalui bidang usaha perdagangan, pengolahan, jasa, pertenakan, perikanan tangkap, perikanan budidaya serta pertanian dan perkebunan.

Dengan dapat memanfaatkan potensi yang ada, pemerintah dapat meningkatkan penanaman modal bagi daerah untuk ekonomi dan menciptakan lapangan kerja serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2019 tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi di daerah. Pemberian insentif oleh pemerintah daerah merupakan dukungan kebijakan dari pemerintah daerah pada investor untuk meningkatkan investasi di daerah.

Dukungan tersebut merupakan penggunaan instrumen anggaran dan pendapatan belanja daerah (APBD) yang berasal dari pendapatan belanja dan pembiayaan untuk peningkatan prestasi daerah. Pemberian kemudahan dari pemerintah daerah pada masyarakat atau investor untuk mempermudah setiap kegiatan investasi di daerah.

Ia menambahkan, tujuan yang telah disampaikan, untuk memberikan kepastian hukum bagi pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam memberikan insentif, memberikan kemudahan kepada maayarakat dan investor.

“Secara umum, kami dari fraksi PDI Perjuangan Plus mengapresiasi rancangan perda memberi kemudahan pada masyarakat atau investor yang telah disampaikan oleh Kepala Daerah,” katanya

Secara umum semua mendukung dan menyetujui serta menyampaikan apresiasi terhadap tiga ranperda usulan pemda, namun tentu masih ada beberapa catatan, masukan dan pertanyaan untuk kemudian dibahas dengan teliti dan cermat pada tingkat pembahasan selanjutnya.

Semua Pandum yang disampaikan Fraksi-fraksi, Bupati Anambas Abdul Haris mengucapkan terimakasih kepada DPRD yang telah memberikan masukkan dan sarannya kepada pemerintah.

“Apa yang di sampaikan tadi ada beberapa catatan dan tentunya kami menyampaikan terimakasih atas tanggapan umum fraksi-fraksi,”kata abdul haris.

(Rido)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here