BATAM,SIJORITODAY.com – Panitia Daerah Polda Kepulauan Riau kembali menyelenggarakan penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Polri Tahun Anggaran 2022.

Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol Deni Setyo Utomo didampingi Kabid Humas Kombes Pol Harry Goldenhard S mengatakan, rekrutmen Dalam rangka pemenuhan kebutuhan personil Polri.

“Pendidikan pembentukan SIPSS merupakan pendidikan bagi lulusan sarjana yang dibutuhkan dalam profesi Kepolisian untuk dibentuk menjadi Perwira Pertama Polri yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji dalam rangka melaksanakan tugas Kepolisian sesuai dengan keahlian dan atau kompetensi di bidang keilmuannya guna mendukung tugas Kepolisian,” katanya, Rabu (26/1/2022).

Adapun penerimaan SIPSS Polri tahun 2022 wajib memiliki program studi yang terdaftar di BAN-PT dan terakreditasi A atau B.

Adapun formasi yang dibuka yakni dokter spesialis maksimal umur 40 tahun, Magister/Strata-2 (S2) profesi dan pilot maksimal umur 33 Tahun, Sarjana/Strata-1 (S1) profesi maksimal umur 29 Tahun, dan Strata-1 serta Diploma-IV (D-IV) maksimal umur 26 Tahun.

Bagi peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri melalui website www.penerimaan.polri.go.id oleh operator yang dimulai pada tanggal 26 Januari 2022 hingga 30 Januari 2022 di Polda Kepri.

Adapun persyaratan umum peserta sesuai Pasal 21 (1) UU 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita).
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Pendidikan paling rendah SMU/Sederajat.
  4. Usia minimal 18 (delapan belas) tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri.
  5. Tinggi Badan Minimal Pria 158 Cm dan Wanita 155 Cm.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat).
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Deni pun menegaskan, penerimaan SIPSS Polda Kepri gratis dan bebas dari praktek KKN.

“Diimbau kepada putra putri terbaik Kepri yang ingin bergabung di Kepolisian Negara Republik Indonesia, silahkan daftarkan diri anda. Kepada para pendaftar atau peserta tidak dipungut biaya/gratis dan bebas dari praktek KKN, dengan menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” tegasnya.

Deni menambahkan, kategori penerimaan SIPSS yaitu penguatan sumber sarjana proaktif. Sementara penerimaan Bintara Polri tahun 2022 sebanyak 100 orang dengan rincian 84 orang reguler dan 16 pro aktif. (*)

Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here