Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang Edi Mulyono memberikan remisi khusus kepada 22 WBP beragama Budha, Minggu (4/6) kemarin. Foto Dok Lapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang

BINTAN,SIJORITOODAY.com – – Sebanyak 22 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang, mendapatkan remisi. Remisi khusus ini diberikan kepada WBP beragama Budha dalam rangka perayaan Hari Raya Waisak tahun 2023, Minggu (4/6) kemarin.

Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono menjelaskan, pemberian remisi khusus WBP yang beragama Budha. Ia menyebutkan, dari 22 WBP yang menerima remisi, ada 3 orang mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari.

“Sementara 19 WBP lainnya mendapatkan remisi 1 bulan,” sebutnya.

Menurutnya, pemberian remisi khusus perayaan Hari Raya Waisak ini berdasarkan putusan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI dengan terbirnya SK nomor : PAS-879.PK.05.04 TAHUN 2023 tentang pemberian remisi khusus Waisak Tahun 2023.

“Kita berikan berdasarkan penilaian, jadi yang mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan-persyaratannya,” timpalnya.

Dirinya berharap, dengan remisi khusus ini bisa mendorong perubahan prilaku WBP kearah yang lebih baik lagi. Sehingga, selepas menjalani hukuman, para WBP bisa beradaptasi dengan kehidupan sosial diluar lapas.

“Ini (remisi) merupakan wujud negara hadir untuk memberikan perhatian dan penghargaan bagi WBP untuk selalu berintegritas,” ujar Edi. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here