Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho saat memimpin rapat paripurna tentang Perubahan Peraturan Tata Tertib, Senin (12/6/2023). F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau menaja rapat paripurna penyampaian rancangan perubahan peraturan DPRD Nomor 3 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan DPRD Provinsi Riau Nomor 1 Tahun 2020 mengenai tata tertib DPRD Provinsi Riau, Senin (12/6/2023).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho.

Agung mengatakan, perubahan berhubungan dengan terbitnya PP 3 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Tentu terhadap peraturan DPRD Provinsi Riau 3 Tahun 2002 perlu dilakukan penyesuaian kembali,” katanya.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada rapat paripurna sebelumnya, Bapemperda Riau telah memberikan rekomendasi terhadap rancangan perubahan peraturan daerah, peraturan DPRD 3 Tahun 2022.

“Rapat paripurna hari ini untuk melanjutkan rekomendasi yang telah diberikan oleh Bapemperda Riau,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda Riau, Sunaryo menuturkan, sesuai UU 23 Tahun 2014, DPRD merupakan mitra kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berperan dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Ia berharap, adanya penyempurnaan dari panitia khusus yang dibentuk ini akan ditugaskan oleh paripurna.

“Harapan kami dalam pembahasan bersama dalam tingkat pansus dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena, sangat dibutuhkannya peraturan tata tertib ini dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD,” harapnya.

Sunaryo meminta kerja sama yang baik untuk menggesa penyelesaian rancangan perubahan kedua atas Peraturan DPRD 1 tahun 2020.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here