Gubernur Riau Syamsuar bersama Direktur Center For Indonesia-Malaysia-Thailand Cooperation-Growth Triangle (CIMT-GT) Firdaus Dahlan (kanan)

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima kunjungan dari Tim Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Kamis (20/07/2023).

Gubri Syamsuar mengatakan, kehadiran tim IMT-GT di daerah berjuluk “Bumi Lancang Kuning” itu, dalam rangka melakukan audiensi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pembahasan dilakukan mulai dari pemaparapan perkembangan kerja sama IMT-GT hingga penanganan Roro Dumai-Malaka.

“Syukur alhamdulillah pada kesempatan ini kita bersilahturahmi. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak IMT-GT karena telah melakukan perbincangan yang sangat bermanfaat untuk tiga negara ini, terkhususnya untuk Indonesia dan daerah-daerah yang telah melakukan kerja sama,” ujar Gubri menjelaskan.

Dalam kesempatannya Direktur Centre for Indonesia-Malaysia-Thailand Sub Regional Cooperation-Growth Triangle (CIMT-GT) Firdaus Dahlan, mengatakan pihaknya memang sengaja berkunjung ke Provinsi Riau ini karna sudah dari dulu sudah berjanji ingin bertemu Gubernur Syamsuar di Riau. Dijelaskan dia, bahwa IMT-GT akan melakukan tingkat menteri pada 26-29 Sepetember mendatang.

“Jadi dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan pertemuan tingkat menteri yang merupakan pertemuan Ministerial Meeting (MM) ke-29 di Batam pada tanggal 26-29 September 2023,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa, sesuai dengan peraturam IMT-GT sebelum pertemuan itu, pihaknya akan mengadakan serangkaian kegiatan terlebih dahulu. Seperti diadakannya, pertemuan Chief Minister and Gevermor Forum (GMGF) ke-20 atau pertemuan antar-Gubernur.

“Sesuai dengan kebiasan kita sebelum pertemuan itu, kita akan mengadakan serangkaian kegiatan terlebih dahulu. Ada yang namanya pertemuan GMGF ke-20 atau pertemuan antar-Gubernur, kita lakukan setiap tahunnya sebelum pertemuan tingkat menteri,” jelasnya.

Firdaus juga menuturkan, dalam rangka tahun kunjungan wisata IMT-GT 2023-2025. Dilakukan untuk pertama kalinya setelah 30 tahun kerja sama IMT-GT mencanangkan suatu agenda Visit IMT-GT di Indonesia. Sehingga, dirinya mengajak Provinsi Riau terkhususnya Kota Pekanbaru direkomendasi sebagai tempat destinasi wisatanya.

“Pekanbaru sebagai salah satu destinasi wisata yang berpotensi bisa mengambil momentum dari tahun kunjungan itu. Mudah-mudahan kerjasama IMT-GT betul bermanfaat kepada daerah,” pungkasnya.

(Adv/Superleni)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here