Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, Muhammad Bisri usai menghadiri launching laboratorium medis dan klinik Kimia Farma di Jalan Raja Ali Haji Pamedan, Tanjungpinang, Kamis (13/7/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Kepala Dinas Kesahatan Kepulauan Riau, Mohammad Bisri menyampaikan sekitar 50 anak di Kepri mengidap diabetes dikarenakan pola hidup.

Bisri menerangkan, selain faktor pola hidup atau konsumsi makanan anak yang selalu mengkonsumsi glukosa, ada juga karena faktor genetik atau keturunan.

“Diabet ada tipe satu atau tipe dua. Tipe satu itu keturunan. Kemudian ada faktor pola hidup atau konsumsi gula yang terlalu tinggi dan kurang beraktifitas,” katanya, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, ada peningkatan kasus diabetes yang menyerang anak di Indonesia, khususnya di Kepri.

“Di RSUP aja, sudah ada 10 pasien atau anak yang terjangkit diabetes. Kalau secara keseluruhan di Kepri, kurang lebih 40 hingga 50 anak,” ujarnya.

Ia pun mengimbau seluruh orang tua untuk memperhatikan pola makan anak dan mengurangi konsumsi makanan mengandung gula yang tinggi.

“Memang sebagian besar anak terkena diabetes ini ke tipe dua karena banyak makan permen dan lainnya,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here